Agus Andrianto Bakal Masuk Kabinet, Komjen Wahyu Widada Berpeluang Promosi Jadi Wakapolri, Jenderal Sigit Tetap Kapolri
Kabareskrim Polri Komjen Pol Wahyu Widada memberikan keterangan saat konferensi pers penangkapan buronan Interpol Thailand di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Minggu (2/6/2024). (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
09:48
16 Oktober 2024

Agus Andrianto Bakal Masuk Kabinet, Komjen Wahyu Widada Berpeluang Promosi Jadi Wakapolri, Jenderal Sigit Tetap Kapolri

- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo diprediksi masih memimpin Korps Bhayangkara setelah Prabowo Subianto dilantik menjadi presiden terpilih. Sejauh ini, Prabowo hanya memanggil Wakapolri Komjen Pol Agus Andrianto yang dipercaya akan mengisi posisi di kabinet.

"Jenderal Listyo sepertinya masih akan dipertahankan sebagai Kapolri dalam waktu dekat ini sambil menunggu promosi jabatan di kabinet," kata Pengamat Kepolisian dari ISESS Bambang Rukminto kepada wartawan, Rabu (16/10).

Bambang menyakini hanya Agus yang akan mengisi jabatan menteri. Sementara pengganti Agus diperkirakan masih Pati Polri yang mengemban tugas di dalam struktur. "Kalau melihat senioritas, tentu Komjen Dhofiri yang akan menggantikan Komjen Agus, disusul Komjen Fadil Imran, Kabaharkam dan Kabareskrim Komjen Wahyu Widada," jelas Bambang. Ketiga pati jenderal bintang tiga itu berpeluang jadi wakapolri.

Sebagaimana diketahui, Wakapolri Komjen Agus Andrianto termasuk dalam salah satu nama yang dipanggil oleh Presiden Terpilih Prabowo Subianto ke kediamannya di bilangan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin (14/10).

Hari ini, Prabowo dijadwalkan memanggil seluruh kandidat menteri yang akan mengisi kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Usai bertemu dengan Prabowo, Agus menyampaikan bahwa dalam pertemuan itu disampaikan beberapa hal mengenai kebijakan Prabowo di masa yang akan datang. Termasuk diantaranya yang terkait dengan arah pembangunan selama lima tahun ke depan.

”Beliau (Prabowo) tadi menyampaikan kepada saya apakah kalau ditugaskan untuk membantu beliau (saya) siap,” terang Agus. Perwira tinggi Polri yang masih aktif bertugas itu pun menyatakan bahwa dirinya tentu akan siap bila diminta mengabdikan diri bagi bangsa dan negara.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #agus #andrianto #bakal #masuk #kabinet #komjen #wahyu #widada #berpeluang #promosi #jadi #wakapolri #jenderal #sigit #tetap #kapolri

KOMENTAR