Mengenal Negara Kenya yang Viral karena Mirip Indonesia Era 90an, Begini Kondisi Negaranya yang sempat Dikunjungi Jokowi
Potret suasana negara Kenya dan Indonesia yang mirip di era 90an. (Kolase Instagram)
16:12
6 Februari 2024

Mengenal Negara Kenya yang Viral karena Mirip Indonesia Era 90an, Begini Kondisi Negaranya yang sempat Dikunjungi Jokowi

Baru-baru ini negara Kenya yang berada di Afrika Timur menjadi sorotan oleh netizen. Bukan tanpa alasan, negara yang sempat dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini dianggap mirip dengan kondisi Indonesia pada era 90-an.

Miripnya negara ini dengan Indonesia bukan tanpa alasan, hubungan bilateral kedua negara ini sudah terjalin cukup lama. Bahkan tak sedikit warga Indonesia yang bekerja di pemerintahan dan Kedubes Indonesia yang ada di Kenya.

Viralnya suasana Kenya tersebut dibagikan oleh akun Instagram, @kegobloganunfaedah, Selasa (6/2/2024). Terlihat beberapa orang berlalu lalang dengan tenang mirip kondisi Jakarta pada era 90-an.

"Pulang kerja di Kenya," ujar pengisi suara di video berdurasi 40 detik tersebut.

Minimnya kendaraan dan sedikitnya orang berjualan di pinggir jalan hingga tak ada banyak baliho justru menjadi sorotan netizen. Tak sedikit yang mengaitkan dengan kondisi Indonesia yang saat ini tengah menyiapkan Pemilu 2024 pada Februari 2024.

"Mirip Indonesia, bedanya di sana enggak ada baliho caleg aja," celetuk salah satu netizen.

"Vibes-nya kek (Indonesia) 90-an, asik juga," ujar netizen lain.

"Sama kaya pulang kerja di Bekasi," gurau salah satu netizen lain.

Terlepas Kenya yang saat ini mirip dengan suasana Indonesia pada era 90-an, negara yang dipimpin oleh Presiden William Ruto tersebut termasuk negara dengan ekonomi tersbesar ketiga di wilayah Afrika sub-Sahara. Negara pertama adalah Nigeria dan kedua adalah Afrika Selatan.

Kenya yang pernah menjadi sasaran perjalanan Presiden Jokowi untuk memperkuat hubungan bilateral dua negara ini menjadi negara yang berkembang signifikan. Kerjasama ekonomi baik di bidang perdagangan, kerjasama teknik dan sosial budaya menjadi tujuan Indonesia dan Kenya memberikan simbiosis mutualisme.

Meski berkembang, memang hanya ibukotanya, Nairobi yang terlihat lebih maju dibanding di distrik lainnya.

Di sisi lain, Kenya juga merupakan salah satu negara dengan tingkat kunjungan wisatawan yang tinggi. Unggul sebagai wisata petualangan dalam habitat satwa liar yang dilindungi, tak jarang beberapa produser dan sutradara terkenal memilih lokasi ini untuk syuting film layar lebar.

Untuk di Nairobi sendiri yang berada di ketinggian 1.670 meter di atas permukaan laun, wilayah ini masih terbilang sejuk sekitar 20 derajat celcius. Namun ketika musim panas atau kemarau, suhu wilayah mencapai 28 derajat celcius.

Tentu kondisi Kenya dengan Indonesia yang dibandingkan dengan era sekarang terlihat begitu jauh. Namun hubungan bilateral kedua negara ini sebenarnya cukup baik dan bahkan jika didalami, kondisi politik Indonesia dengan Kenya masih cukup berhubungan, termasuk mendekati Pemilu 2024 yang nantinya akan dihelat di Indonesia pada 14 Februari mendatang.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #mengenal #negara #kenya #yang #viral #karena #mirip #indonesia #90an #begini #kondisi #negaranya #yang #sempat #dikunjungi #jokowi

KOMENTAR