Raja Medsos! Jumlah Followers Gibran di Tiktok Meroket 1 Juta Hanya Dalam 1 Bulan
Rajai Medsos! Jumlah Followers Gibran di Tiktok Meroket 1 Juta Hanya Dalam 1 Bulan [Twitter[
13:48
2 Februari 2024

Raja Medsos! Jumlah Followers Gibran di Tiktok Meroket 1 Juta Hanya Dalam 1 Bulan

Jelang hari pencoblosan Pilpres 2024, 14 Februari 2024 akun Tiktok milik cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka catatkan pertumbuhan followers yang sangat signifikan.

Jumlah pengikut Gibran di akun Tiktok miliknya @gibran_rakabuming terus meningkat dan kini memiliki 1,6 juta followers. Kenaikan jumlah pengikut akun Tiktok Gibran cukup mengesankan di tengah perkembangan pesat dalam politik digital yang makin masif.

Berdasarkan data yang dihimpun dari SocialBlade, jumlah pengikut Gibran meroket dengan catatan yang signifikan sejak bulan Januari 2024. Pada awal Januari 2024, jumlah pengikut Gibran baru sekitar 550 ribu.

Namun pada bulan Februari tahun yang sama, jumlah pengikutnya meningkat menjadi 1,6 juta. Hal ini membuat pertumbuhan basis penggemar Gibran Rakabuming melampaui basis dukungan cawapres lainnya.

Strategi politik yang dijalankan pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 memang dikenal menjangkau para pemilih muda yang melek sosial media. Lewat pendekatan yang inovatif, Gibran membangun hubungan yang lebih erat dengan para pemilih melalui media sosial, terutama platform TikTok.

Tren pertumbuhan akun Tiktok milik Gibran ini jadi catatan positif yang mengesankan, dengan peningkatan sebanyak 1 juta pengikut atau meningkat sebesar 188% jika dihitung dalam persentase.

Tak mengherankan jika kemudian publik banyak yang menganggap paslon nomor 2, Prabowo-Gibran menjadi raja di sosial media dibanding dua pasangan lainnya.

Prabowo-Gibran Rajai Platform Medsos

Kekuatan pasangan Prabowo-Gibran di laman sosial media juga dikuatkan dengan hasil survei terbaru LSI Denny JA. Hasil survei itu menunjukkan paslon 02 mendominasi hampir semua platform sosial media.

Prabowo-Gibran memiliki keunggulan baik di kalangan pemilih yang aktif di media sosial maupun di kalangan yang tidak menggunakan media sosial.

“Dalam kalangan pemilih yang memiliki media sosial, elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 45.2%,” kata Pembicara LSI Denny JA Ardian Sopa, seperti dikutip, Jumat (2/2).

Sedangkan untuk pemilih yang tidak mempunyai akun media sosial, elektabilitas Prabowo-Gibran berada pada angka 49.2%.

Di kalangan pengguna WhatsApp, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 44.1%. Sementara itu, dalam kalangan pengguna Facebook, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 47%. Di platform YouTube, elektabilitas Prabowo-Gibran berkisar sekitar 45,1%.

Selain itu, dalam platform TikTok, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 47,9%, sementara di Instagram, Prabowo-Gibran berhasil meraih elektabilitas yang tinggi, mencapai 73,1%.

LSI Denny JA melakukan survei pada periode 3-11 Januari 2024 dengan melibatkan 1.200 responden yang diwawancarai tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Metodologi sampling yakni multistage random sampling dan survei ini disebut mempunyai margin of error +- 2,9%.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #raja #medsos #jumlah #followers #gibran #tiktok #meroket #juta #hanya #dalam #bulan

KOMENTAR