Terima Surat Pengunduran Diri Mahfud MD dari Menko Polhukam, Presiden Jokowi Bakal Siapkan Keppres
ILUSTRASI: Presiden Jokowi dan Menteri UAE Hadiri Harlah NU 101. (Youtube NU)
10:40
2 Februari 2024

Terima Surat Pengunduran Diri Mahfud MD dari Menko Polhukam, Presiden Jokowi Bakal Siapkan Keppres

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengatakan bahwa keputusan presiden tentang pengunduran diri Menko Polhukam Mahfud MD bakal segera disiapkan.

"Ya kemarin Pak Mahfud menemui saya, sudah menyatakan ingin mundur. Dan pagi hari ini keppresnya kami siapkan," ujar Presiden Jokowi dikutip dari ANTARA pada Jumat (2/2).

Presiden Jokowi menilai keputusan mundurnya Mahfud MD adalah hal yang biasa, ia berulang kali menyatakan akan menghormati segala keputusan yang diambil oleh menterinya tersebut.

Ketika ditanya soal calon pengganti Menko Polhukam Mahfud MD, Presiden Joko Widodo mengatakan bakal membutuhkan waktu beberapa hari ke depan untuk memutuskan siapa calon yang tepat.



"Saat ini belum ada, mungkin butuh 2 hingga 3 hari kedepan. Kan baru kemarin sore mundurnya jadi ditunggu saja," ujar Presiden Jokowi.

Mahfud MD bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka Jakarta pada Kamis (1/2) sore untuk menyerahkan langsung surat pengunduran dirinya dari jabatan menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Mahfud MD yang merupakan calon wakil presiden nomor urut 3, mengatakan ingin mundur guna memberikan contoh kepada pejabat negara lain agar tidak menyalahgunakan jabatan dan fasilitas negara untuk kampanye pemilu.

Ia juga sudah mendiskusikan langkah politiknya itu dengan pasangannya pada Pilpres 2024, Calon Presiden Republik Indonesia Ganjar Pranowo serta dengan partai pengusung dan tim kampanye.



Namun Mahfud MD menjelaskan bahwa dirinya tak akan pergi meninggalkan kewajiban atau yang disebutnya colong playu sebagai Menko Polhukam hingga terbit keputusan presiden (Keppres).

"Sampai ada Keppres. Kalau belum ada keppres lantas saya pergi, kan namanya colong playu itu," jelas Mahfud MD

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #terima #surat #pengunduran #diri #mahfud #dari #menko #polhukam #presiden #jokowi #bakal #siapkan #keppres

KOMENTAR