Kapal Fregat Merah Putih Buatan PT PAL Indonesia Bakal Jadi Armada Tempur Baru TNI AL
Menhan Prabowo Subianto saat meninjau pembangunan kapal perang Fregat Merah Putih di galangan PT PAL Indonesia. (Biro Humas Setjen Kemhan)
18:24
9 Oktober 2024

Kapal Fregat Merah Putih Buatan PT PAL Indonesia Bakal Jadi Armada Tempur Baru TNI AL

 

- Kementerian Pertahanan (Kemhan) di bawah komando Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan komitmen untuk terus memperkuat Angkatan Laut. Tidak hanya alat utama sistem persenjataan (alutsista) buatan luar negeri, mereka juga memaksimalkan industri pertahanan (inhan) dalam negeri untuk membangun kapal perang baru. Termasuk diantaranya Fregat Merah Putih yang dibuat oleh PT PAL Indonesia

Kapal perang modern tersebut direncanakan sudah masuk menjadi bagian dari keluarga besar TNI AL pada 2028 mendatang. Fregat Merah Putih menjadi proyek bersejarah bagi inhan dalam negeri. Sebab, baru kali ini inhan dalam negeri membangun kapal fregat sendiri. Tidak heran Menhan Prabowo Subianto berulang menyampaikan terima kasih dan mengemukakan rasa bangganya kepada PT PAL Indonesia. 

”Saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara sekalian. Terima kasih atas dedikasi saudara-saudara. Terima kasih atas prestasi, kapasitas saudara-saudara,” ungkap Prabowo saat meninjau proyek pembangunan Fregat Merah Putih di Galangan PT PAL Indonesia yang berada di Surabaya, Jawa Timur pada awal 2024 lalu. 

Diakui oleh Prabowo, pembangunan Fregat Merah Putih menjadi sejarah baru bagi bangsa Indonesia. Dia pun yakin, pengadaan dua Fregat Merah Putih tersebut akan membuat Angkatan Laut semakin kuat. Dengan begitu TNI AL bisa semakin optimal menjalankan tugas mereka dalam menjaga kedaulatan wilayah Perairan Indonesia. Bagi Prabowo penguatan TNI AL sangat penting. Sebab, Indonesia adalah negara maritim. 

”Kita harus punya kekuatan Angkatan Laut yang kuat untuk menjaga perairan kita, kedaulatan kita. Saya akan berjuang terus untuk meningkatkan kemampuan Angkatan Laut. Beli alat-alat baru, tetapi juga memperbaiki alat-alat yang ada untuk mempersiapkan diri,” kata Prabowo. 

Selain sistem senjata terkini, kapal Fregat Merah Putih juga dibangun dengan desain terkini. Kapal itu dibangun dengan panjang mencapai 140 meter dan lebar mencapai 19,75 meter. Berat muatan penuh kapal tersebut mencapai 6.626 ton. Kapal perang itu dirancang untuk membawa 143 personel. Untuk ketahananan berlayarnya, Fregat Merah Putih bisa bertahan sampai 21 hari dalam pelayaran dengan jarak jelajah mencapai sembilan ribu nautical mile.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #kapal #fregat #merah #putih #buatan #indonesia #bakal #jadi #armada #tempur #baru

KOMENTAR