Hari Ini Pulau Jawa Alami Fenomena Hari Tanpa Bayangan, BMKG Sebut Pengaruhnya Pada Cuaca Tidak Signifikan
Hari tanpa bayangan adalah fenomena alam saat matahari berada di posisi tertinggi di langit.
14:56
8 Oktober 2024

Hari Ini Pulau Jawa Alami Fenomena Hari Tanpa Bayangan, BMKG Sebut Pengaruhnya Pada Cuaca Tidak Signifikan

- Saat ini Pulau Jawa dan Jakarta mengalami fenomena yang disebut dengan Hari Tanpa Bayangan. Fenomena itu membuat posisi matahari tepat di atas kepala sehingga tidak menimbulkan bayangan yang biasanya terlihat di bawah.

Fenomena Hari Tanpa Bayangan ini juga sering disebut dengan kulminasi atau transit atau istiwa' yang menunjukkan posisi matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.    Saat deklinasi, matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai Kulminasi Utama. Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat 'menghilang' karena bertumpuk dengan benda itu sendiri.  

  Karena itu, hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan. Karena bidang ekuator Bumi/bidang rotasi Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang ekliptika/bidang revolusi Bumi, sehingga posisi Matahari dari Bumi akan terlihat terus berubah sepanjang tahun antara 23,5 derajat LU s.d. 23,5 derajat LS.    Lantas, apakah fenomena Hari Tanpa Bayangan akan membuat suhu terasa lebih panas menyengat?    Terkait hal ini, Ketua Bidang Tanda Waktu BMKG Himawan menjelaskan bahwa fenomena Hari tanpa Bayangan ini sudah dimulai sejak Senin (7/10) kemarin di Kepulauan Seribu.    "Sampai tgl 14 Oktober 2024 di Pacitan, Jawa Timur," ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (8/10).   Adapun untuk pengaruh suhu sendiri, Himawan menyebut tak terlalu banyak berubah.   "Untuk pengaruh suhu dari fenomena Hari tanpa Bayangan tida signifikan," ucapnya.   "Ada perubahan namun minor saja, sehingga tidak perlu dikawatirkan," pungkas Himawan.  

 

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #hari #pulau #jawa #alami #fenomena #hari #tanpa #bayangan #bmkg #sebut #pengaruhnya #pada #cuaca #tidak #signifikan

KOMENTAR