Keakraban Presiden Jokowi dan AHY di Yogyakarta, Bersepeda Santai hingga Santap Pagi
Presiden Jokowi dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selepas santap pagi bersama di rumah makan Gudeg Yu Djum Wijilan, Kota Yogyakarta, Minggu (28/1/2024) pagi. 
10:43
28 Januari 2024

Keakraban Presiden Jokowi dan AHY di Yogyakarta, Bersepeda Santai hingga Santap Pagi

- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakoni kegiatan bersama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di Kota Yogyakarta, Minggu (28/1/2024).

Presiden Jokowi dan AHY sempat bersepeda santai di sekitar Istana Negara atau Gedung Agung Yogyakarta.

Kemudian, sekitar pukul 07.00 WIB, keduanya santap pagi di Gudeg Yu Djum Wijilan, Kota Yogyakarta.

Jokowi tampak mengenakan kaus lengan panjang berwarna hitam, sedangkan AHY memakai kaus lengan pendek berwarna biru.

Selepas selesai sarapan, kira-kira pukul 07.57 WIB, mantan Wali Kota Solo itu menyempatkan diri menyapa dan membagikan kaus kepada masyarakat yang sudah berkerumun di Gudeg Yu Djum.

Menurut Manajer Operasional Gudeg Yu Djum, Adit Fajar, Jokowi dan AHY beserta rombongan pesepeda memesan makanan yang sama.

Jokowi dan AHY duduk berdua, sedangkan tamu lain duduk di meja yang berbeda.

"Datang bareng bersama Pak AHY. Tadi pesan gudeg semua, pesan gudeg ayam sama telor. Pak AHY juga sama."

"Ya (Jokowi dan AHY duduk berdua), lainnya di meja lain. Ada tamu juga, tidak dibatasi, mintanya tidak di-clear semua, cuma minta disediakan delapan meja," ujarnya dikutip dari TribunJogja.com.

Adit pun merasa senang karena menurutnya ini pertama kalinya Gudeg Yu Djum didatangi oleh Presiden Indonesia.

"Senang sekali bisa melayani Pak Presiden. Kemarin hanya reservasi dari timnya, ternyata yang datang Pak Presiden dan Pak AHY," ungkapnya.

Kegiatan Jokowi di Sleman

Sementara itu, pada Sabtu (27/1/2024) sore kemarin, Presiden Jokowi sempat bermain sepak bola bersama anak-anak di Lapangan Gamplong, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman, DI Yogyakarta.

Ditemani putra bungsunya, Kaesang Pangarep, Jokowi bermain sepak bola sambil hujan-hujanan bersama anak-anak SSB di Sleman.

Sejak sekitar pukul 15.30 WIB, warga sudah mulai berdatangan ke lapangan Gamplong. Para anak-anak dari sejumlah SSB itu sudah terlihat bersiap di pinggir lapangan.

Meski hujan mengguyur, tekad mereka untuk bisa bermain sepak bola bersama kepala negara tidak surut.

Sementara para warga yang mau menonton Jokowi bermain sepak bola mencari tempat berteduh, bahkan ada yang pulang untuk mengambil payung.

Sekitar pukul 16.49 WIB, Jokowi tiba di lokasi. Setelah itu dia masuk ke salah satu bangunan yang berada di utara lapangan untuk berganti pakaian. Warga sendiri telah berkumpul di lapangan tetap menunggu di tengah guyuran hujan.

Tak berselang lama, Jokowi keluar dengan mengenakan baju Timnas Indonesia berwarna merah dan memakai topi berwarna hitam. Dia kemudian berjalan menuju lapangan sambil memegang payung.

Jokowi terlebih dulu menyalami anak-anak SSB yang sudah berbaris dan memberikan kostum.

Dalam kondisi hujan, Jokowi kemudian berjalan menuju gawang untuk menjadi kiper. Permainan sepak bola bersama anak-anak SSB ini berlangsung sekitar 15 menit.

Gawang yang dijaga Jokowi juga sempat kebobolan dua gol. Usai pertandingan Jokowi mengaku sebetulnya tidak ingin berposisi sebagai penjaga gawang.

"Tadi saya sebetulnya kan tidak berada di posisi kiper. Tapi dipaksa menjadi kiper, ya kegolan dua (kemasukan dua gol)," ujarnya. Jokowi juga sempat menyampaikan kesannya bermain sepak bola di bawah guyuran hujan. Ya basah kuyup gini, tapi sehat kok, semuanya sehat," ucapnya.

Adapun alasannya bermain sepak bola bersama anak-anak SSB di tengah guyuran hujan itu, kata Jokowi, adalah untuk menyambut lolosnya Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023.

Jokowi lantas meminta masyarakat memberikan dukungan penuh terhadap Timnas Indonesia di laga 16 besar Piala Asia. 

"Kita ingin memberikan semangat kepada rakyat untuk memberikan dukungan penuh. Besok bertandingnya antara Indonesia dan Australia," ungkapnya.

Presiden berharap Timnas Indonesia bisa menang dan melaju babak perempat final.

"Kita harapkan, kita mendapatkan poin dari sana sehingga bisa melaju ke babak berikutnya," ujarnya.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul: Presiden Jokowi dan AHY Kompak, Bersepeda Pagi Hingga Sarapan Gudeg di Wijilan Yogyakarta.

(Tribunnews.com/Deni/Dodi Esvandi)(TribunJogja.com/Azka Ramadhan)

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #keakraban #presiden #jokowi #yogyakarta #bersepeda #santai #hingga #santap #pagi

KOMENTAR