Menang Voting Usai Pembahasan yang Alot, Anak Menkumham Ditunjuk DPD Jadi Wakil Ketua MPR RI
Abcandra Muhammad Akbar Supratman (jas krem) terpilih menjadi Wakil Ketua MPR RI yang didorong dari unsur DPD RI. (tangkap layar)
09:36
3 Oktober 2024

Menang Voting Usai Pembahasan yang Alot, Anak Menkumham Ditunjuk DPD Jadi Wakil Ketua MPR RI

Putra Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, yakni Abcandra Muhammad Akbar Supratman terpilih menjadi Wakil Ketua MPR RI yang didorong dari unsur DPD RI. Hal itu disepakati usai DPD RI melakukan voting.

Voting dilakukan usai DPD RI melakukan pembahasan dalam rapat paripurna yang alot di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2024) dini hari.

Voting dilakukan dua putaran, sebab pada putaran pertama tidak ada suara anggota DPD RI yang didorong menjadi Wakil Ketua MPR RI mencapai 50 + 1.

"Dengan demikian, saudara-saudara sekalian, karena ini tidak ada yang mencapai 50 plus 1 maka kita akan melakukan pemutaran suara kembali untuk putaran kedua," kata Wakil Ketua DPD RI, Tamsil Limrung dalam rapat.

Baca Juga: PKB Pilih Bos Lion Air Rusdi Kirana Jabat Wakil Ketua MPR, PKS Tunjuk Lagi HNW

"Dan yang masuk putaran kedua adalah Abcandra dengan Fadel Muhammad. Nomor urut kelima dan keenam," sambungnya.

Akhirnya voting ke dua pun dilakukan dengan mempertemukan Abcandra dengan Fadel Muhamad. Hasilnya Abcandra dinyatakan unggul dengan 93 suara dan Fadel 50.

"Saudara-saudara sekalian, dengan demikian hasil dari putaran kedua, Abcandra Akbar 93 dan Fadel Muhammad 50," katanya.

"Dengan demikian, yang suara terbanyak dan dinyatakan terpilih untuk mewakili DPD di MPR RI sebagai wakil ketua MPR RI adalah Abcandra Akbar," imbuhnya sambil mengetok palu.

Suasana sidang Paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024). (Antara)Suasana sidang Paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024). (Antara)

Sebelumnya, rapat paripurna MPR RI akhirnya disepakati untuk digelar Kamis (3/10/2024) pagi. Dalam rapat juga disepakati nama kader Gerindra, Ahmad Muzani bakal dilantik sebagai Ketua MPR RI besok.

Baca Juga: Hingga Rabu Malam Ini, Dipastikan Belum Ada Pelantikan Pimpinan MPR

"Pada malam hari ini tanggal 2 Oktober 2024 rapat gabungan pimpinan MPR dari fraksi-fraksi kelompok DPD fraksi MPR dari Kelompok DPD yang dipimpin oleh pimpinan sidang sementara, telah menyepakati secara musyawarah mufakat bahwa calon ketua MPR yang telah disepakati dalam rapat gabungan ini, adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya bapak H Ahmad Muzani," kata Ketua Fraksi PDIP MPR RI, Ahmad Basarah di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).

Nantinya, Muzani akan dilantik bersama 8 pimpinan MPR RI yang akan mendampingi. Mereka terdiri dari fraksi-fraksi partai dan satu unsur DPD RI.

Namun, hingga kekinian DPD RI masih terus melakukan pembahasan untuk menentukan siapa yang akan menjadi Wakil Ketua MPR RI.

"Beliau akan didampingi oleh 8 para wakil ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi-fraksi politik di MPR, yang masih menunggu calon wakil ketua MPR adalah dari unsur kelompok DPD RI yang mereka masih rapat pada malam ini untuk menentukannya," tuturnya.

Dengan alasan DPD RI yang masih alot, akhirnya diputuskan agar rapat paripurna pelantikan MPR RI digelar Kamis (3/10) besok.

"Dengan demikian, rapat paripurna tanggal 3 Oktober 2024 pukul 10 pagi besok tinggal menetapkan susunan pimpinan MPR yang baru yang dipimpin oleh H Ahmad Muzani didampingi oleh 8 wakil ketua MPR RI dari fraksi-fraksi partai politik dan kelompok DPD RI yang akan ditetapkan besok," tuturnya.

"Jadi dengan demikian besok pukul 10.00 pagi kita harapkan teman-teman media dapat datang dan meliput untuk menyebarkan kepada seluruh rakyat Indonesia bsok akan terbentuk pimpinan MPR yang baru," imbuhnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #menang #voting #usai #pembahasan #yang #alot #anak #menkumham #ditunjuk #jadi #wakil #ketua

KOMENTAR