Dampingi Prabowo Kunjungan ke Madura, Wagub Jatim Emil Dardak Sampaikan Desa-Desa Rawan Air Bersih
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak mendampingi Menhan Prabowo Subianto meresmikan bantuan sumur bor dan pipanisasi sumber mata air di Madura, Jawa Timur, Selasa (23/1/2024). [Suara.com/Novian]
15:28
23 Januari 2024

Dampingi Prabowo Kunjungan ke Madura, Wagub Jatim Emil Dardak Sampaikan Desa-Desa Rawan Air Bersih

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyampaikan total jumlah desa rawan air di Pulau Madura. Catatan itu ia sampaikan adalam acara penyerahan bantuan sumur bor dan pipanisasi sumber mata air di Madura oleh Kementerian Pertahanan.

"Kami ingin menyampaikan bahwa berdasarkan data tahun 2023 desa rawan air di Kabupaten Bangkalan ada 53 desa. Di Kabupaten Sampang 75 desa, di Pamekasan 82 desa, dan di Sumenep 42 Desa," kata Emil dalam sambutannya di Pondok Pesantren Al Anwar Bangkalan di Pulau Madura, Jawa Timur, Selasa (23/1/2024).

Emil memuji program Kementerian Pertahanan terkait sumber air bersih. Menurutnya program tersbeut merupakan sinergi luar biasa.

"Program dari Kementerian Pertahanan melalui Universitas Pertahanan ini tentunya adalah sinergi yang luar biasa. Negara sebesar Indonesia masalahnya tidak bisa diselesaikan sendirian," ujar Emil.

Emil mengatakan kehadiran Kementerian Pertahanan dalam menyediakan sumber air adalah sebuah barokah yang luar biasa. Ia berharap pemberian bantuan sumber air tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Dan mudah-mudahan beberapa tahun lagi kita akan melihat Madura yang lebih hijau, Madura yang masyarakatnya semakin tersenyum Madura yang mengatakan wis wayahe, Madura merasakan kemajuan," tutur dia.

Diketahui, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kembali meresmikan bantuan sumur bor dan pipanisasi sumber mata air di Madura oleh Kementerian Pertahanan.

Secara daring, Prabowo menerima laporan dari titik-titik lain yang juga mendapatkan penyerahan bantuan sumber air.

"Sebagaimana diketahui, 2 bulan lalu kita sudah resmikan 12 titik, sekarang tambah 15 titik dan saya tadi mendengar laporan ataupun penyampaian dari Bapak Wakil Gubernur bahwa masih ada banyak lagi titik yang sangat membutuhkan," kata Prabowo.

Berdasarkan laporan yang diterima, Prabowo memaparkan jumlah masyarakat yang menerima manfaat dari keberadaan sumber air baru di 15 titik di Madura.

"Ini laporan yang saya terima dari 15 titik ini ya, yang menerima manfaat totalnya adalah 3.554 kepala keluarga yang totalnya adalah 14.500 orang, ditambah dengan 31.000 santri dan santriwati," ujar dia.

Meski sudah ada sumber mata air baru, Prabowo mengingatkan masyarakat agar dapat menghemat penggunaan air dalam pemenuhan kebutuah sehari-hari.

"Jadi itu titipan saya, mohon dirawat untuk kegunaan masyarakat sendiri, untuk dimanfaatkan oleh masyarakat saudara-saudara sendiri, supaya bertahan lama, airnya juga tidak akan terbuang. Saya kira itu dari saya, saya sangat gembira, saya sangat bangga, saya sangat bersyukur bahwa bisa dimanfaatkan oleh banyak orang," kata Prabowo.

Berikut 15 titik peresmian air di Pulau Madura:

1. Universitas Trunojoyo, Desa Telang, Kecamatan Kamal

2. Dusun Sambi, Desa Kendaban, Kecamatan Tanah Merah

3. Dusun Kelbung, Desa Kelbung, Kecamatan Galis

4. Dusun Nunggunong, Desa Bates, Kecamatan Blega

5. Ponpes Al Anwar, Dusun Kedungdung, Patereman, Mudong

6. Dusun Lepelle, Desa Lepelle, Kecamatan Robatal

7. Dusun Durbuk, Desa Bringin, Kecamatan Tambelangan

8. Dusun Semampir, Desa Kedungdung, Kecamatan Kedungdung

9. Dusun Gunung Kesan, Desa Gunung Kesan, Kecamatan Karang Penang

10. Ponpes Al Mubarok Lembulen, Dusun Takben, Desa Panyepen, Kecamatan Jrengik

11. Dusun Talaga, Desa Karang Nangka, Kecamatan Rubaru

12. Ponpes Al Madina, Dusun Klampok, Desa Rombia Barat, Kecamatan Ganding

13. Dusun Candi, Desa Badur, Kecamatan Batu Putih

14. Dusun Tenggina, Desa Batang-batang Jaya, Kecamatan Batang-batang

15. Ponpes An Najah, Dusun Blajud, Desa Karduluk, Kecamatan Pragaan.

Editor: Erick Tanjung

Tag:  #dampingi #prabowo #kunjungan #madura #wagub #jatim #emil #dardak #sampaikan #desa #desa #rawan #bersih

KOMENTAR