Jateng Jadi Contoh, Askompsi Tekankan Pentingnya CSIRT di Setiap Provinsi
Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) menggelar Seminar Nasional (Semnas) Seri III di Kota Semarang, Kamis-Jumat (26-27/9/2024). (Istimewa)
16:48
26 September 2024

Jateng Jadi Contoh, Askompsi Tekankan Pentingnya CSIRT di Setiap Provinsi

- Asosiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Seluruh Indonesia (Askompsi) menggelar Seminar Nasional (Semnas) Seri III di Kota Semarang, Kamis-Jumat (26-27/9/2024). Kegiatan tersebut fokus membahas keamanan siber di seluruh wilayah Indonesia.

Seminar yang bertema “Ayo Kita Perkuat Kedaulatan Ruang Siber Menyongsong Indonesia Emas 2045” ini dihadiri oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana. Turut hadir Kepala Diskominfo Jateng Riena Retnaningrum, Direktur Eksekutif Askompsi Eddy Santoso, Ketua Askompsi Muhammad Faisal, serta seluruh perwakilan Diskominfo se-Indonesia.

Ketua Askompsi Muhammad Faisal menjelaskan, Jawa Tengah dipilih sebagai lokasi acara karena memiliki indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tertinggi. Selain itu, pencapaian Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) juga memuaskan.

"Ini kali ketiga kami menggelar Rapat Kerja dan Seminar Nasional. Kami berharap acara ini bisa berbagi pengetahuan terkait ketahanan data informasi, serta meningkatkan kolaborasi antarprovinsi dalam menjaga keamanan siber ke depan," ungkap Faisal usai pembukaan.

Faisal juga menekankan pentingnya kesadaran mengenai keamanan informasi di pemerintahan.

“Jangan sampai menunggu serangan siber baru bertindak. Kita perlu siap dengan tim CSIRT (Computer Security Incident Response Team) untuk menangani isu-isu keamanan data,” tambahnya.

Di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pemprov Jateng berhasil meraih nilai indeks SPBE tertinggi pada 2023. (Istimewa)

Jawa Tengah menjadi sorotan positif karena telah menerapkan tim CSIRT di setiap organisasi perangkat daerah (OPD). Sekaligus berhasil menunjukkan kemajuan dalam Indeks Keterbukaan Informasi Publik 2023.

Menurut Faisal, Askompsi ingin mengambil pelajaran dari kesuksesan Jawa Tengah dalam menerapkan praktik terbaik keamanan siber.

Kepala Diskominfo Provinsi Jateng Riena Retnaningrum mengatakan, di bawah kepemimpinan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pemprov Jateng berhasil meraih nilai indeks SPBE tertinggi pada 2023.

"Sejarah membanggakan ini akan terasa lengkap apabila Rakernas Askompsi Tahun 2024 di Semarang juga bisa membawa hasil yang recommended untuk kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia," ungkap Riena.

Sementara itu, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana berharap Rakornas Askompsi dapat memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi pemerintah daerah terkait penguatan keamanan siber.

"Kami harapkan hasil rakernas ini bisa menjadi solusi proaktif dalam menghadapi tantangan digital ke depan," ujar Nana Sudjana.

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap penyebaran hoaks dan ujaran kebencian, terutama di era digital saat ini.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #jateng #jadi #contoh #askompsi #tekankan #pentingnya #csirt #setiap #provinsi

KOMENTAR