Lewat Tulisan Tangan, Megawati Beri Pesan dan Harapan Untuk Research Center Al Bukhari di Uzbekistan
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri berkunjung ke Imam Bukhari International Scientific Research Center, Samarkand, Uzbekistan pada Jumat (20/9/2024). 
21:51
20 September 2024

Lewat Tulisan Tangan, Megawati Beri Pesan dan Harapan Untuk Research Center Al Bukhari di Uzbekistan

- Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri berkunjung ke Imam Bukhari International Scientific Research Center, Samarkand, Uzbekistan, Jumat (20/9/2024).

Dalam kunjungannya usai berziarah ke makam Imam Al Bukhari, Megawati mendengarkan paparan penerjemah Maksud Khosimov dan Wakil Direktur Pusat Penelitian Internasional Imam Bukhari, Otabek Mukhammadiev.

Megawati turut menuliskan pesan dan harapannya untuk masa depan di museum tersebut.

Megawati terlihat berkeliling melihat koleksi museum. 

Ada beragam catatan dari hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari di Museum ini.

Museum ini juga menggambarkan jalur perjalanan Imam Bukhari di masa lalu terkait hadis-hadis Nabi Muhammad SAW. 

Dari sebuah gambar, Imam Bukhari, yang lahir pada 810, menempuh perjalanan ke kawasan Arab di mana Nabi Muhammad menyebarkan Islam.

Selain catatan dari hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, ada juga sejumlah benda seperti alat tulis dan peralatan lain yang ditampilkan di museum ini. 

Megawati terlihat mendengarkan dengan serius dan sesekali bertanya terkait sejarah hidup Bukhari kepada penerjemah Maksud Khosimov dan Wakil Direktur Pusat Penelitian Internasional Imam Bukhari, Otabek Mukhammadiev.

Setelah itu, pengelola museum meminta kesediaan Megawati untuk memberikan testimoni yang direkam secara khusus.

Putri Proklamator Bung Karno ini pun menyampaikan terima kasihnya atas sambutan dan keramahan yang diberikan pengelola museum terhadap dirinya.

Megawati kemudian menuliskan pesan khusus di buku yang telah disiapkan. 

Dalam pesannya itu, Megawati mengenang Presiden pertama RI Ir. Soekarno atau Bung Karno yang memperkenalkannya dengan hadis-hadis riwayat Bukhari.

Berikut pesan yang ditulis langsung Megawati:

Jumat, 20 September 2024

Ass,
Dari kecil saya sudah mengenal Imam Bukhari karena ayah saya Presiden I Republik INDONESIA yg oleh rakyat Indonesia disebut Bung KARNO.

Bagi saya beliau seorang manusia yg luar biasa membuka tabir pengetahuan Islam dalam bunyi2 yg ada di hadist (petunjuk dari Nabi Muhammad SAW). LUAR BIASA sekali untuk membuat manusia2 secara islami tidak hanya melantunkan "suara" Al Quran tapi melaksanakan dg hadist Nabi Muhammad SAW.

Semoga di masa depan seluruh manusia di dunia bisa bersatu secara lahir batin

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar
MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA

Presiden ke-V Republik Indonesia.

Megawati pun membumbuhi pesan itu dengan tandatangannya.

Megawati juga meminta penerjemah Maksud Khosimov menjelaskan tulisannya itu kepada Wakil Direktur Pusat Penelitian Internasional Imam Bukhari, Otabek Mukhammadiev.

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #lewat #tulisan #tangan #megawati #beri #pesan #harapan #untuk #research #center #bukhari #uzbekistan

KOMENTAR