Di Bali International Air Show 2024, TNI AU Pesan Empat Helikopter Baru dari Airbus
Potret Helikopter H145 yang dibeli oleh TNI AU dari Airbus. (Dok. Airbus)
08:48
19 September 2024

Di Bali International Air Show 2024, TNI AU Pesan Empat Helikopter Baru dari Airbus

 

TNI AU memutuskan untuk memesan empat helikopter Airbus H145. Pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) tersebut dilakukan dengan melibatkan PT Dirgantara Indonesia (PTDI). Pengumuman belanja empat unit helikopter itu disampaikan dalam helatan Bali International Air Show 2024 yang masih berlangsung di Pulau Dewata. 

Berdasarkan perjanjian antara TNI AU dan PTDI, Airbus akan mengirim empat helikopter H145 ke PTDI. Kemudian, PTDI yang memproses perakitan ulang dan pemasangan perangkat misi serta pekerjaan kustomisasi lainnya. Pekerjaan itu dilakukan di fasilitas milik PTDI di Bandung, Jawa Barat. Dari PTDI nantinya empat helikopter tersebut diserahkan kepada TNI AU. 

“Kami merasa terhormat atas terpilihnya Airbus H145 untuk pertama kali di Indonesia sebagai bagian dari armada pelatihan yang baru di negeri ini. Kami percaya bahwa Helikopter H145 akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan pelatihan pilot militer dan sekaligus menjadi alat yang penting untuk operasi pencarian dan penyelamatan,” ungkap Head of Asia Pacific Airbus Helicopters Vincent Dubrule. 

Helikopter H145 merupakan helikopter multimisi yang bisa digunakan untuk pelatihan militer serta misi pencarian dan penyelamatan ringan. Melalui kerja sama dengan TNI AU dan PTDI, Airbus berharap besar hubungan kemitraan itu terus berlanjut untuk memenuhi kebutuhan helikopter di Indonesia. Apalagi kerja sama antara Airbus Helicopters dengan Indonesia sudah berlangsung selama 50 tahun.

“Kolaborasi ini tidak hanya memperkuat kemitraan yang telah terjalin lama antara PTDI dan Airbus, tapi juga menunjukkan komitmen kami dalam menyediakan solusi yang inovatif dan dapat diandalkan untuk kebutuhan operasional nasional,” terang Vincent.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan menyampaikan bahwa kerja sama dengan Airbus merupakan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dalam urusan integrasi dan perakitan di fasilitas milik PTDI. Dia percaya dan yakin kerja sama tersebut akan membuka peluang lainnya untuk pengembangan industri dirgantara di Indonesia. 

”Kami yakin bahwa kerja sama ini akan menciptakan peluang-peluang baru bagi pengembangan industri kedirgantaraan nasional dan lebih jauh lagi akan menjaga hubungan jangka panjang antara PTDI dan Airbus yang terus kami perkuat demi masa depan yang lebih maju,” ucap Gita. 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #bali #international #show #2024 #pesan #empat #helikopter #baru #dari #airbus

KOMENTAR