TNI AU Dukung Penuh Bali International Air Show, Pamerkan Pesawat Angkut Militer Hingga Pesawat Tempur
Rajawali Laut Flight melakukan check route di flying display area Bali International Air Show 2024. (IST)
12:08
18 September 2024

TNI AU Dukung Penuh Bali International Air Show, Pamerkan Pesawat Angkut Militer Hingga Pesawat Tempur

Bali International Air Show 2024 resmi berlangsung mulai hari ini, Rabu (18/9). Agenda yang diikuti oleh puluhan negara tersebut berlangsung sampai Sabtu (21/9). Asisten Potensi Dirgantara (Aspotdirga) KSAU Marsekal Muda TNI Andi Wijaya menyampaikan bahwa TNI AU mendukung penuh event tersebut. Mereka turut memamerkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan akan unjuk kemampuan lewat Jupiter Aerobatic Team (JAT). 

Keterangan tersebut disampaikan oleh Andi melalui video keterangan resmi yang diunggah oleh penyelenggara Bali International Air Show 2024. ”Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Tonny Harjono mendukung kegiatan Bali International Air Show,” ungkap dia. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah keterlibatan TNI AU dalam event internasional yang diselenggarakan selama empat hari di Pulau Dewata. 

Andi menyampaikan bahwa Angkatan Udara mengirim beberapa alutsista unggulan mereka untuk hadir secara langsung di Bali. Selain JAT yang akan menunjukkan demonstrasi udara, ada beberapa pesawat tempur TNI AU yang dikirim ke Bali. Yakni F-16 dan Sukhoi. Kemudian TNI AU juga memamerkan pesawat angkut militer terbaru, C-130J Super Hercules. Ada juga pesawat CN-295 buatan dalam negeri dan Helikopter Caracal. 

Selain itu, TNI AU juga akan membuka booth pameran yang menampilkan berbagai materi alutsista TNI AU dan penjelasan mengenai tugas-tugas TNI AU sebagai alat pertahanan negara dalam mengawal dan menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain penting bagi dunia aviasi, Bali International Air Show 2024 dianggap penting untuk menguatkan kerja sama militer antara Indonesia dengan negara-negara sahabat. 

”Ini untuk meningkatkan dunia aviasi, kemudian juga hubungan diplomasi antara pejabat militer yang diundang. Sehingga bisa terjalin koordinasi dan hubungan yang lebih baik. Kemudian kami mendukung program pemerintah untuk meningkatkan dunia aviasi, industri penerbangan, kami hadir di sini untuk memeriahkan kegiatan Bali International Air Show,” terang perwira tinggi TNI AU dengan dua bintang di pundak tersebut.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #dukung #penuh #bali #international #show #pamerkan #pesawat #angkut #militer #hingga #pesawat #tempur

KOMENTAR