Menpora Bersama PSSI Pastikan Bentuk Timsus untuk Investigasi Kasus Wasit Eko di PON Aceh-Sumut
Menpora RI Dito Ariotedjo. [Suara.com/Adiyoga Priyambodo]
22:20
17 September 2024

Menpora Bersama PSSI Pastikan Bentuk Timsus untuk Investigasi Kasus Wasit Eko di PON Aceh-Sumut

Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan membentuk tim khusus mendalami kasus yang melibatkan wasit Eko Agus Sugiharto dalam pertandingan sepak bola di ajang PON Aceh-Sumut 2024.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora) Dito Ariotedjo, tim khusus tersebut dibentuk untuk mendalami kronologi kasus pemukulan terhadap Wasit Eko oleh pemain sepakbola Sulawesi Tengah (Sulteng) di ajang PON Aceh-Sumut 2024.

"Kemarin pak Ketum PSSI sudah menyampaikan bahwa dari PSSI menurunkan tim khsuus bahwa untuk memberikan sanksi yang berat baik itu untuk wasit dan pemain," kata Dito di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Sementara terkait keabsahan wasit Eko yang sejatinya tidak masuk dalam line up wasit yang memimpin jalannya pertandingan antara Aceh melawan Sulteng tersebut, sedang disiapkan sanksi khusus.

Baca Juga: Rizky Saputra Hantam Wasit PON 2024, Media Asing: Pertandingan Gila

Kendati begitu, soal mekanisme sanksinya akan diserahkan sepenuhnya kepada PSSI selaku organisasi tertinggi untuk cabang olahraga sepakbola.

"Dan kita akan melihat karena itu ranahnya PSSI dan kami mendukung karena pada prinsipnya kami selalu ingin yang namanya pertandingan apalagi ini perhelatan PON, ini harus benar-benar fairnessnya ada dan juga sportivitas," tuturnya.

Lebih lanjut, menurutnya, PSSI melalui Sekjennya Yunus Nusi sudah melaporkan kepada Komisi X DPR RI terkait komitmen sanksi tegas tersebut.

"Tadi Pak Sekjen PSSI menjelaskan di dalam forum RDP Komisi X. Dari Ketua PSSI sudah melakukan investigasi dan sudah memberikan komitmen akan menindak tegas sesuai aturan yang ada," katanya.

Baca Juga: PSSI Kena Sentil DPR: Percuma Timnas Indonesia Melambung Tinggi Jika Pondasinya Keropos!

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #menpora #bersama #pssi #pastikan #bentuk #timsus #untuk #investigasi #kasus #wasit #aceh #sumut

KOMENTAR