Rekam Jejak Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, Pati Bintang Dua TNI AL yang Dipercaya Menjadi Pangkogabwilhan I
Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi dalam serah terima jabatan panglima Koarmada III pada November 2023. (TNI AL)
21:08
12 September 2024

Rekam Jejak Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, Pati Bintang Dua TNI AL yang Dipercaya Menjadi Pangkogabwilhan I

 

 

 

- Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi menjadi salah seorang perwira tinggi (pati) yang mendapat promosi jabatan pada Kamis (12/9). Melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1080/IX/2024, alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) 1991 itu mendapat kepercayaan untuk menduduki jabatan panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I. 

Oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Rachmad diminta menggantikan Laksamana Madya TNI Agus Hariadi. Lewat surat keputusan yang ditandatangani pada Rabu (11/9) itu, Agus dipindahtugaskan menjadi sekretaris jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). Kekosongan posisi yang ditinggalkan oleh Agus Hariadi langsung diisi oleh Rachmad. 

”Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi dari Pa Sahli Tingkat III Bidang Banusia Panglima TNI menjadi Pangkogabwilhan I,” ungkap Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto Kamis sore (12/9). 

Dengan tugas baru tersebut, Rachmad akan mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Dari laksamana muda TNI menjadi laksamana madya TNI atau dari pati bintang dua menjadi pati bintang tiga. Sebagai salah seorang pati TNI AL, Rachmad sudah melalui banyak penugasan penting. Sebelum menduduki posisi terakhirnya di Mabes TNI, Rachmad pernah dipercaya menjadi Asops panglima TNI. 

Tidak hanya itu, Rachmad sudah pernah memegang tongkat komando sebagai panglima Komando Armada (Koarmada) III dan Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIV/Sorong. Sebagai pelaut andal, dia juga sudah pernah bertugas di beberapa kapal perang milik TNI AL. Bahkan sudah pernah menduduki beberapa posisi di satuan-satuan kapal Angkatan Laut.

Editor: Kuswandi

Tag:  #rekam #jejak #laksamana #muda #rachmad #jayadi #pati #bintang #yang #dipercaya #menjadi #pangkogabwilhan

KOMENTAR