Jhonny PDIP Minta Parpol Tak Lelet Tunjuk Pengganti Heru Buri di Jakarta, Ujungnya Jokowi yang Tentukan
Ilustrasi--Jhonny PDIP Minta Parpol Tak Lelet Tunjuk Pengganti Heru Buri di Jakarta, Ujungnya Jokowi yang Tentukan. (ANTARA/Ricky Prayoga)
16:36
11 September 2024

Jhonny PDIP Minta Parpol Tak Lelet Tunjuk Pengganti Heru Buri di Jakarta, Ujungnya Jokowi yang Tentukan

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Jhonny Simanjuntak meminta para partai politik (parpol) di Parlemen Kebon Sirih tak berlama-lama menentukan usulan nama Calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI. Tiap parpol diminta segera menyetor tiga nama ke pimpinan.

Hal ini disampaikannya dalam Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) DPRD DKI sementara, Rabu (11/9/2024). Dalam rapat itu, hampir semua fraksi belum menentukan nama calon Pj Gubernur.

Karena itu, Jhonny Simanjuntak meminta tiap parpol menyetorkan nama-namanya sebelum 13 September 2024. Sebab, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah mengirim surat permintaan usulan pada 2 September 2024.

"Sementara kami tidak sengaja untuk mempercepat atau memperlambat. Memang surat yang dari Kemendagri itu diberikan kepada kami sangat tergesa-gesa tapi saya pikir pengalaman yang sudah-sudah kan sudah kita lalui," ujar Jhonny.

Baca Juga: Blak-blakan Tuding Jokowi Pecinta PKI, Ucapan Amien Rais Ditepis Mahfud MD, Apa Katanya?

Apalagi, kata Jhonny, DPRD dan Kemendagri hanya sekadar menyampaikan tiga usulan nama. Kemudian pada akhirnya Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang memilih dan melantik.

"Seperti yang saya katakan tadi, tanpa mau mendegragadasi pertemuan kita yang bermartabat ini. Toh semuanya nanti yang di sana yang menentukan," jelasnya.

Ia pun meminta pada pukul 10.00 WIB tanggal 13 September mendatang tiap parpol sudah mengumumkan usulannya. Politisi PDIP ini juga berharap bisa mengetahui alasan dari Jokowi dalam mengambil keputusan nanti. 

"Jam 10 tangggal 13 kita sudah harus bahas ini dan dibacakan masing-masing. Mau dikasih tau alasan apa kenapa memilih dia bisa juga bagus juga. Mudah-mudahan apa yang kita suarakan didengar oleh yang di sana itu," pungkasnya. 

Baca Juga: Kaesang Dilaporkan ke KPK soal Kasus Pesawat Jet, Jokowi: Semua Warga Negara Harus Sama di Mata Hukum!

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #jhonny #pdip #minta #parpol #lelet #tunjuk #pengganti #heru #buri #jakarta #ujungnya #jokowi #yang #tentukan

KOMENTAR