Cek Fakta: Kapolri Listyo Sigit Prabowo Terseret Ambisi Bahlil untuk Kuasai Golkar, Benarkah?
Cek Fakta: Kapolri Listyo Sigit Prabowo Terseret Ambisi Bahlil untuk Kuasai Golkar, Benarkah? (Turnbackhoax)
07:24
21 Agustus 2024

Cek Fakta: Kapolri Listyo Sigit Prabowo Terseret Ambisi Bahlil untuk Kuasai Golkar, Benarkah?

Beredar sebuah video di channel YouTube Garis Politik yang mengklaim bahwa Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo terseret dalam konflik internal Partai Golkar.

Video tersebut diunggah pada 13 Agustus 2024 dan menampilkan narasi mengejutkan mengenai ambisi Bahlil Lahadalia untuk menguasai Golkar. Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

"Politik terkini – KAPOLRI TERSERET KONFLIK DI GOLKAR ? @garispolitik1320

MENGEJUTKAN..!!!
KAPOLRI TERSERET??
AMBISI BAHLIL KUASAI GOLKAR"

Baca Juga: Bahlil Berpeluang Ditetapkan Jadi Ketum Golkar Malam Ini, Bamsoet: Langsung Kita Bungkus

Namun, setelah diteliti, klaim dalam video tersebut terbukti tidak akurat. Thumbnail video merupakan hasil manipulasi yang menggabungkan beberapa gambar berbeda, dan isi video tersebut hanya menampilkan cuplikan dari berbagai peristiwa yang tidak berkaitan.

Video tersebut pada dasarnya hanya membacakan ulang artikel dari Tribunnews.com yang berjudul "Gerilya Bahlil Lahadalia Rebut Ketua Umum Golkar, Temui Jokowi Hingga Jusuf Kalla" dan "Canda Airlangga ke Bahlil: Kursi Kapolri Saja Diambil."

Artikel pertama membahas pertemuan Presiden Jokowi dengan hampir seluruh anggota Kabinet Indonesia Maju di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk sidang kabinet paripurna.

Artikel kedua mengangkat candaan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia mengenai kursi Kapolri, yang disampaikan dalam konteks humor dan tidak ada hubungannya dengan konflik Golkar.

Dengan demikian, klaim bahwa Kapolri terseret dalam konflik Golkar adalah tidak berdasar dan termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Baca Juga: Kasus Izin Ekspor CPO Mencuat, Airlangga Hartarto Dipanggil Kejagung?

Editor: Bella

Tag:  #fakta #kapolri #listyo #sigit #prabowo #terseret #ambisi #bahlil #untuk #kuasai #golkar #benarkah

KOMENTAR