Korea Utara Buka Diri Bagi Wisatawan, Ternyata Selama Ini Dikenal Sebagai Negara yang Sulit Dikunjungi
Kota Samjiyon, Korea Utara. (Wikipedia)
15:52
15 Agustus 2024

Korea Utara Buka Diri Bagi Wisatawan, Ternyata Selama Ini Dikenal Sebagai Negara yang Sulit Dikunjungi

Tidak semua negara dapat dikunjungi dengan mudah oleh wisatawan, salah satunya adalah Korea Utara. Sudah sejak lama negara di bawah pemerintahan Kim Jong Un ini dikenal tertutup dari dunia luar. Tak heran jika sektor industri pariwisata sangat minim di negara tersebut.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Korea Utara, mereka harus mengajukan visa melalui agen wisata yang telah ditunjuk oleh pemerintah setempat. Wisatawan juga harus mengikuti jadwal tur yang telah diatur secara ketat dan harus selalu didampingi oleh pemandu yang ditunjuk oleh otoritas setempat.

Namun kini, kabar mengejutkan datang dari negara tersebut. Dilansir dari Reuters, Korea Utara berencana membuka kembali pariwisata internasional ke kota Samjiyon pada Desember 2024 mendatang.

Samjiyon sendiri merupakan sebuah kota yang terletak di dekat perbatasan China. Korea Utara diketahui telah membangun kota perbatasan ini sebagai 'utopia sosialis', dan telah melengkapinya dengan apartemen, hotel, resor ski, serta fasilitas komersial, budaya, hingga medis yang baru.

Baca Juga: Dijuluki Tempat Paling Berbahaya di Dunia, Negara Ini Justru Alami Lonjakan Kunjungan 'Turis Gelap'

Kabar akan dibukanya kota perbatasan Samjiyon ini dikonfirmasi oleh Koryo Tours, sebuah agen perjalanan yang berbasis di Beijing, China. Melalui situs resminya, mereka menyebut telah menerima informasi dari mitra lokal di Korea Utara mengenai pembukaan kembali pariwisata ke Samjiyon.

"Kami telah menunggu lebih dari empat tahun untuk membuat pengumuman ini dan sangat gembira dengan dibukanya kembali pariwisata Korea Utara," tulis Koryo Tours, seperti dikutip dari Reuters.

Selain Koryo Tours, agen perjalanan lain, KTG Tours, juga mengumumkan bahwa wisatawan akan dapat mengunjungi Samjiyon mulai musim dingin ini.

Meski kali ini pariwisata yang dibuka adalah kota perbatasan Samjiyon, bukan tak mungkin akan menyusul ke juga ke seluruh negeri. Jadi, siapa tertarik berwisata ke Korea Utara?

Baca Juga: Promosikan Budaya Pantun Betawi, Festival Budaya MiCE TO MEET YOU 2024 Resmi Digelar

Editor: Vania Rossa

Tag:  #korea #utara #buka #diri #bagi #wisatawan #ternyata #selama #dikenal #sebagai #negara #yang #sulit #dikunjungi

KOMENTAR