5 Perbedaan Perayaan HUT RI di IKN dan Jakarta: Jokowi Dianggap Ubah Tradisi Pendiri Bangsa?
Presiden Jokowi (Instagram)
17:47
12 Agustus 2024

5 Perbedaan Perayaan HUT RI di IKN dan Jakarta: Jokowi Dianggap Ubah Tradisi Pendiri Bangsa?

Perayaan 17 Agustus 2024 tengah menjadi perbincangan hangat. Bagaimana tidak, hajat tahunan negara kini digelar di dua tempat sekaligus.

Pada akhir kekuasannya, Presiden Jokowi memutuskan perayaan HUT RI ke-79 diselenggarakan di Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Bakal diselenggarakan di dua tempat, apa sih bedanya?

Beda Perayaan HUT RI di Jakarta dan IKN

1. Beda Pemimpin

Baca Juga: Bakso IKN Penuh Keakraban: Jokowi, Prabowo dan Airlangga Duduk Berdekatan

Presiden Jokowi akan memimpin langsung upacara HUT RI di IKN. Sementara upacara di Istana Kepresidenana Jakarta bakal dipimpin oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Jokowi akan ditemani presiden terpilih Prabowo Subianto, sementara Ma'ruf Amin ditemani wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

2. Jadwal

Caption 17 Agustus Aesthetic,17 Agustus 

Perayaan HUT RI di IKN dilaksanakan pada 08.30 WIB atau 09.30 Wita sampai selesai. Sementara di Istana Merdeka dilaksanakan 10.00 WIB atau 11.00 Wita sapai selesai.

3. Agenda

Baca Juga: Usai Bermalam di IKN, Sri Mulyani Berharap Kota Ini Bisa Hidup

Pelaksanaan HUT RI di IKN difokuskan dalam detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan pengibaran bendera pusaka merah putih. Sementara di Istana Merdeka difokuskan pada pelaksanaan hiburan bagi masyarakat.

4. Rangkaian Acara

Zikir dan Doa Kebangsaan dilakukan di Istana Merdeka pada Kamis (1/8/2024). Sementara Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Di Jakarta juga dilakukan Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan di Istana Negara, Jakarta.

5. Upacara

Jokowi dan Prabowo saat ada di IKN. [Ist]Jokowi dan Prabowo saat ada di IKN. [Ist]

Upacara di IKN dilaksanakan dengan Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo. Sementara upacara di Istana Merdeka mengikuti tata cara upacara militer di IKN.

Upacara juga dilakukan secara hybrid di mana masing-masih tempat ada layar besar yang saling terhubung.

Sementara itu upacara penurunan bendera Sang Merah Putih dilaksanakan di dua tempat, yaitu di IKN dan Istana Merdeka Jakarta.

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi dianggap mengubah tradisi perayaa HUT RI warisan presiden pertama, Ir. Soekarno. Pasalnya Jokowi memindah tempat perayaan HUT RI yang tak pernah berubah dari era Soekarno.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #perbedaan #perayaan #jakarta #jokowi #dianggap #ubah #tradisi #pendiri #bangsa

KOMENTAR