Padukan Konsep Zodiak dan Bunga, Ini Potret Kostum Karya Desainer Lokal Ivan Fhanany di Jember Fashion Carnaval 2024
Kreasi Kostum karya desainer lokal Ivan Fhanany di Jember Fashion Carnaval 2024. (Dok. SoKlin)
12:41
5 Agustus 2024

Padukan Konsep Zodiak dan Bunga, Ini Potret Kostum Karya Desainer Lokal Ivan Fhanany di Jember Fashion Carnaval 2024

Jember Fashion Carnaval (JFC) 2024 kembali digelar dengan gemilang, menampilkan karnaval busana bertaraf internasional yang selalu dinantikan. Tahun ini, JFC membawa tema 'Zodiac' yang menyoroti keunikan dan karakteristik setiap manusia dalam perjalanan hidupnya.

Ajang bergengsi ini menjadi wadah bagi desainer lokal Indonesia untuk menampilkan karya kreatif mereka dalam sesi Artwear (Fashion Art) defile ‘Zodiac’ di hari kedua.

Setiap kostum yang ditampilkan di JFC 2024 mengusung elemen-elemen artistik yang memukau. Desain-desain busana ini memadukan unsur seni tari, seni rupa, dan seni musik, menciptakan pertunjukan teatrikal yang memukau penonton. Warna-warna yang digunakan dalam kostum mencerminkan karakteristik dan potensi manusia, dengan detail aksesoris seperti mahkota, bintang, dan elemen lainnya yang menggambarkan kekuatan zodiak.

Kreasi Kostum karya desainer lokal Ivan Fhanany di Jember Fashion Carnaval 2024. (Dok. SoKlin)Kreasi Kostum karya desainer lokal Ivan Fhanany di Jember Fashion Carnaval 2024. (Dok. SoKlin)

Salah satu desainer lokal yang berperan besar dalam menciptakan keindahan kostum di JFC 2024 adalah Ivan Fhanany, asal Kota Jember. Ivan, yang sudah lama berkecimpung di dunia fashion, menghadirkan sentuhan baru dalam karnaval ini dengan menggabungkan filosofi zodiak dan estetika modern dalam setiap desainnya.

Baca Juga: 5 Drama China Kostum yang Diperankan Bai Shu, Terbaru Dashing Youth

Ivan Fhanany mengungkapkan kebanggaannya dapat berpartisipasi dalam JFC 2024. Ia membocorkan bagaimana kreasi bunga dipadukan dengan tema zodiak, menjadikan karya kostum unik dan elegan.

“Saya bersyukur tahun ini dipercaya Royale Parfum Series by SoKlin dan tim Jember Fashion Carnaval untuk bisa berkarya membawa sentuhan baru di karnaval ini. Setiap desain pada kostum hari ini linier dengan karakteristik tiap zodiak dan memiliki filosofi dari keharuman serta warna Royale Parfum Series by SoKlin, seperti misalnya merah pada mawar sebagai warna utama yang ditampilkan memiliki energi zodiak dengan keberanian dan energi semangat. Kemudian, ada gambaran zodiak Virgo yang dilambangkan oleh bunga lili,” ungkap Ivan, dalam keterangan yang diterima Suara.com, Senin (5/8/2024).

Kreasi Kostum karya desainer lokal Ivan Fhanany di Jember Fashion Carnaval 2024. (Dok. SoKlin)Kreasi Kostum karya desainer lokal Ivan Fhanany di Jember Fashion Carnaval 2024. (Dok. SoKlin)

Desain kostum di JFC 2024 tidak hanya indah secara visual, tetapi juga sarat dengan makna dan filosofi. Warna dan elemen yang digunakan dalam setiap kostum dipilih dengan cermat untuk menggambarkan karakteristik dan energi dari masing-masing zodiak. Rangkaian bunga seperti mawar merah, bunga sakura, anggrek ungu, dan white patchouli menghiasi kostum, memberikan nuansa keharuman dan semangat yang kuat.

JFC 2024 tidak hanya menjadi ajang bagi desainer lokal untuk menampilkan karya mereka, tetapi juga mengangkat nama Jember di kancah internasional. Karnaval ini menjadi bukti bahwa kreativitas dan bakat desainer lokal Indonesia mampu bersaing dan mendapat pengakuan dunia.

"Royale Parfum Series by SoKlin membawa semangat kampanye ‘Ku Menangkan Duniaku’ yang mendorong kesuksesan dari wangi parfum mewah inspirasi selebriti dunia agar tampil percaya diri untuk menghasilkan karya-karya inspiratif, seperti halnya karya kostum kreatif yang ditampilkan dari para desainer lokal di JFC 2024 sebagai ajang kelas internasional," tutur Josephine Moira selaku Brand Representative Royale Parfum Series by SoKlin PT WINGS Surya di kesempatan yang sama.

Baca Juga: 4 Drama China Kostum yang Tayang Juni 2024, Wajib Masuk Watchlist!

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #padukan #konsep #zodiak #bunga #potret #kostum #karya #desainer #lokal #ivan #fhanany #jember #fashion #carnaval #2024

KOMENTAR