Sangat Penting untuk Bayi Baru Lahir, Ini 5 Fakta Menyusui yang Harus Diketahui Setiap Ibu
Ilustrasi fakta menyusui. (Elements Envato)
20:09
1 Agustus 2024

Sangat Penting untuk Bayi Baru Lahir, Ini 5 Fakta Menyusui yang Harus Diketahui Setiap Ibu

ASI adalah anugerah terbaik untuk setiap bayi yang baru lahir. Itu sebabnya, setiap tahun pada tanggal 1 Agustus, diperingati Hari ASI Sedunia. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ASI bagi bayi dan ibu menyusui. Di sini ingin ditekankan, ASI bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga merupakan anugerah terbaik yang dapat diberikan seorang ibu kepada bayinya.

Mengapa ASI sangat penting? Karena ASI mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan bayi dalam beberapa bulan pertama kehidupannya. ASI tak sekadar makanan bagi bayi, tapi juga dapat memberi perlindungan terhadap infeksi, meningkatkan perkembangan otak, dan mencegah alergi.

Meskipun ASI memiliki banyak manfaat, tidak semua ibu dapat menyusui secara eksklusif. Bagi ibu baru yang pertama kali menyusui, mungkin berpikir bahwa menyusui adalah proses alami yang akan terjadi dengan sangat indah begitu bayi lahir. Namun faktanya, proses menyusui pertama kali begitu berliku. Dilansir dari Parenting Firstcry, inilah lima fakta menyusui yang jarang diketahui oleh para ibu.

1. ASI tidak langsung keluar deras setelah melahirkan

Baca Juga: Ibu Wajib Tahu, Ini Rekomendasi Terbaik Pemberian ASI

Ada kalanya, ASI hanya keluar beberapa tetes saja, sehingga membuat ibu kecewa dan khawatir bayinya akan kelaparan. Padahal, justru tetesan pertama itu sangatlah berharga untuk hidup bayi. Tetesan itu adalah kolostrum, cairan yang dihasilkan pada 2-4 hari pertama. Berwarna kuning keemasan, cairan itu begitu kaya nutrisi dan penuh dengan protein - dan merupakan makanan pertama yang sempurna untuk bayi.

Teruslah menyusui bayi meski yang keluar hanya beberapa tetes ASI. Faktanya, ASI akan mulai diproduksi 2-5 hari setelah melahirkan sampai 2 minggu kemudian, dan baru setelah itu ASI menjadi lancar.

2. Penting memompa ASI meski hasilnya sedikit

Bersama bayi selama 24 jam penuh, membuat para ibu tak berpikir untuk memompa ASI. Padahal, memompa ASI setelah menyusui akan membuat tubuh memproduksi ASI lebih banyak lagi. Ingat hukum permintaan, semakin banyak dikeluarkan, maka akan semakin banyak pula produksinya. ASI perah ini juga berguna dalam menjaga suplai ASI saat ibu harus pergi meninggalkan bayi.

3. Bayi baru lahir akan menemukan sendiri puting payudara ibu

Baca Juga: Ingin Anak Cerdas dan Kebal Penyakit? Lakukan Ini Saat Menyusui!

Ya, tanpa perlu bersusah payah, bayi baru lahir dapat menemukan sendiri sumber makanannya, yaitu puting payudara ibu. Bahkan, hanya dengan menyentuhkan payudara ke sudut mulut bayi, ia akan refleks menyusu pada ibunya.

4. Ibu jadi sering lapar saat menyusui

Tak perlu diet saat menyusui, karena faktanya menyusui dapat membuat ibu jadi mudah lapar dan haus. Hal ini akan membuat diet saat menyusui jadi terasa berat. Terlebih, ibu pun sangat membutuhkan asupan bergizi agar bisa menghasilkan ASI yang berkualitas.

Tak perlu takut gemuk meski makan begitu banyak di saat menyusui, karena meskipun banyak makan, kalori yang keluar juga akan sangat besar saat menyusui.

5. Kebutuhan ASI setiap bayi berbeda

Kadang para ibu sering khawatir karena banyinya menyusu tak sebanyak bayi lainnya. Padahal faktanya, setiap bayi memiliki kebutuhan akan ASI yang berbeda-beda. Kalau khawatir apakah bayi sudah mendapatkan ASI yang cukup atau belum, ibu bisa memeriksa jumlah popok basah. Apakah bayi cukup sering pipis? Kemudian, cek juga pertambahan berat badannya. Jika sesuai dengan grafik pertumbuhan, berarti bayi sudah mendapat cukup ASI meski frekuensi menyusunya tak sesering bayi lain.

Nah, itulah lima fakta menyusui yang seringkali tidak diketahui para ibu. Semoga bermanfaat ya.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #sangat #penting #untuk #bayi #baru #lahir #fakta #menyusui #yang #harus #diketahui #setiap

KOMENTAR