Kontroversi Indah G dan Coki Pardede: Dikecam Usai Tertawakan Aksi Boikot Produk Pro Israel
Indah G dan Coki Pardede [YouTube/The Indah G Show]
11:59
29 Juli 2024

Kontroversi Indah G dan Coki Pardede: Dikecam Usai Tertawakan Aksi Boikot Produk Pro Israel

YouTuber Indah G dan Komika Coki Pardede mendadak menjadi sorotan publik, lantaran ulahnya dalam sebuah video di media sosial X.

Dalam potongan video tersebut, keduanya tampil bersama dan menertawakan aksi boikot produk Israel yang tengah marak belakangan ini.

Dalam video tersebut, Indah G bertanya pada Coki mengenai salah satu brand kopi yang diduga ikut mendukung agresi Israel terhadap Palestina.

"Kamu masih minum Starbucks?" tanya Indah G dalam bahas Inggris, di akun YouTube-nya yang diunggah ulang akun X Kamis (25/7/2024).

Baca Juga: Pendidikan Coki Pardede vs Indah G, Adabnya Menertawakan Aksi Boikot Produk Pro Israel Tuai Kecaman

Seakan tanpa beban apapun, Coki lantas dengan enteng menjawab kalau dirinya masih meminum kopi yang dimaksud Indah, bahkan hampir setiap hari.

"Gue enggak mau mempersulit diri gue, dengan enggak bisa minum kopi enak," ujar Coki.

Mendengar jawaban Coki, Indah langsung tertawa lepas. Sementara Indah tertawa, Coki menyinggung mengenai aksi boikot yang menurutnya tak berdampak signifikan.

Atas ulahnya, Indah dan Coki jadi sasaran amarah warganet karena dianggap tidak peka dengan penderitaan warga Palestina yang terus dibombardir Israel.

"Boikot enggak boikot terserah, tapi mengejek dan tertawa keras seperti jelas-jelas perilaku setan. Semoga penderitaan rakyat Palestina dipindahkan semua ke Indah G dan Coki Pardede," komentar salah satu warganet.

Baca Juga: Siapa Indah G? Namanya Jadi Viral di X Gegara Tertawakan Aksi Boikot Starbucks

"Ribuan orang termasuk perempuan dan anak meninggal, tapi mereka dengan entengnya tertawa sambil mencari untung dari penonton. Kalian sungguh memalukan," kata warganet lainnya.

Kecaman yang diarahkan pada Indah G dan Coki Pardede di atas menambah panjang daftar kontroversi yang pernah dibuat oleh mereka sebelumnya.

Apa saja kah kontroversi tersebut? Berikut ulasannya.

Kontroversi Indah G

Indah G [instagram/@itsindahg]Indah G [instagram/@itsindahg]

Cibir penggalangan donasi ke Palestina

Indah G pernah menyinggung soal penggalangan donasi ke Palestina dan ia kaitkan dengan isu Papua. Dalam sebuah video yang ia unggah di akun TikTok pribadinya, Indah mengawali argumennya dengan menyatakan kalau dirinya tak menentang dukungan ke Palestina dalam bentuk apapun.

Namun, ia mengaku menyayangkan langkah tersebut karena menurutnya masih ada masalah lain yang lebih dekat, yakni Papua.

"Masalahnya adalah bagaimana uang rakyat digunakan untuk memberi bantuan kepada warga lain di negara lain, sedangkan uang rakyat tidak digunakan untuk membantu rakyat kami sendiri,” kata Indah.

Pernyataan Indah itu lantas berbuah kecaman dari warganet. Setelah sekian lama menuai kontroversi, Indah akhirnya mengakui kalau komentarnya yang mengakitkan isu Palestina dengan Papua adalah sebuah kekeliruan.

Kaitkan Pilpres dengan isu agama

Dalam kesempatan lain, Indah angkat bicara mengenai isu seputar Pemilihan Presiden (Pilpres). Ia mengaku cemas dengan pilihannya di Pilpres 2024.

Ia ragu untuk memilih lantaran dirinya datang dari kalangan minoritas, sehingga Indah khawatir pilihannya akan berdampak besar bagi dirinya.

"For those still contemplating voting 01, ayo kita semua bahas ini sama2 secara konstruktif dan sipil — karena aku sebagai double minoritas (etnis & agama) jujur saja, ini kekhawatiranku #1, election’s in 5 days and i’m back to being indecisive between 1 & 3 all over again," kata Indah G.

Sebut Indonesia miskin kosa kata

Ketika mengundang Cinta Laura ke podcastnya, Indah G mengamati masalah penggunaan bahasa Indonesia dan menurut sia, Indonesia miskin dengan kosa kata.

Ia lalu membandingkan bahasa Indonesia dengan bahasa lainnya, seperti bahasa Inggris dan Arab, yang menurutnya memiliki kosa kata lebih banyak.

Sebut Indonesia pelihara budaya malas

Masih dalam podcast dengan Cinta Laura, Indah G mengatakan kalau masyarakat Indonesia memelihara budaya malas.

Pernyataan itu ia kaitkan dengan dengan pendapatnya mengenai kosa kata dalam bahasa Indonesia yang terbilang minim.

Kritik hafalan Al Quran

Tak berhenti di masalah kosa kata, Indah G juga mengaku miris dengan metode hafalan dalam sistem pendidikan Indonesia.

Ia lalu mengambil contoh pendidikan hafalan Al Quran yang diterapkan di dunia pendidikan Indonesia.

Menurut dia, hal itu sia-sia, karena anak-anak yang hanya bisa menghafal Al Quran tak akan bisa meresapi nilai-nilai luhur yang ada di dalam ayat-ayat suci itu.

"Di sekolah negeri mereka ada pelajaran agama kan? Kalian harus menghafal ayat-ayat Al Quran, kata demi kata, maka dari itu OMG ini bakal terdengar kurang ajar, jadi mereka lebih bisa diatur-atur tapi mereka gak tau cara berperilaku demi kebaikan diri mereka ," kritik Indah G.

Kontroversi Coki Pardede

Coki Pardede ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023). [Tiara Rosana/Suara.com]Coki Pardede ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023). [Tiara Rosana/Suara.com]

Memuji pelaku pelecehan seksual

Ketika muncul kasus dugaan pelecehan seksual yang dilakukan oleh presenter Gofar Hilman, Coki Pardede malah menyatakan pendapat kalau ada sejumlah pelaku pelecehan seksual yang karyanya masih bisa dinikmati oleh banyak orang.

"Biasanya public figur yang kena kasus pelechan seksual atau skandal seks itu rata-rata bakatnya luar biasa lho atau pencapaiannya gokil. Harvey Weinstein, Bill Cosby, Bill Clinton, Tiger Wood, Arnold Schwarzenegger, dll. Yang enggak bisa disebut satu-satu," cuit Coki di akun X nya.

Singgung soal azab dalam bencana banjir

Ketika banjir besar melanda Jakarta pada awal 2020 lalu, Coki malah me-roasting para korban banjir dengan menyebutnya sebagai azab maksiat.

Sontak, kicauannya itu diprotes oleh banyak pihak, termasuk rekannya sesama komika. Alhasil, akun Twitter Coki pun hilang.

Bikin konten babi kurma

Pada 2018 lalu, Coki Pardede dan Tretan Muslim membuat konten memasak daging babi dicampur dengan kurma. Video tersebut viral. Konten tersebut juga banjir kecaman karena dianggap mempermainkan agama Islam.

Ditangkap kasus narkoba

Pada 2021 lalu, Coki Pardede pernah tersandung kasus hukum. Ia ditangkap di kediamannya di Tangerang, Banten karena kasus narkoba.

Ketika ditangkap, kepolisian turut mengamankan barang bukti narkoba, yakni sabu yang tersimpan dalam kemasan klip.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #kontroversi #indah #coki #pardede #dikecam #usai #tertawakan #aksi #boikot #produk #israel

KOMENTAR