JF3 Fashion Festival 20 Tahun: Perjalanan Inovasi dan Kontribusi untuk Mode Indonesia
JF3 Fashion Festival. [Suara.com/Fajar Ramadhan]
16:15
27 Juli 2024

JF3 Fashion Festival 20 Tahun: Perjalanan Inovasi dan Kontribusi untuk Mode Indonesia

Pagelaran fesyen JF3 resmi dibuka pada Kamis (25/7/2024). Di tahun ke-20 ini, JF3 mengusung tema #20YearsContribution, yang menandai tonggak sejarah dua dekade kontribusi nyata JF3 untuk industri mode Indonesia, baik dari segi inovasi, relasi, dan bisnis.

Chairman JF3, Soegianto Nagaria mengatakan, acara ini menjadi bentuk komitmen untuk keberlangsungan industri fashion di Indonesia. Hal ini juga mendorong para pelaku industri fashion untuk terus bisa bergerak maju.

JF3 Fashion Festival. [Suara.com/Fajar Ramadhan]JF3 Fashion Festival. [Suara.com/Fajar Ramadhan]

“JF3 diinisiasi oleh PT Summarecon Agung adalah untuk mendukung para pelaku usaha mode agar dapat menampilkan karyanya secara lebih professional. Komitmen menjadi dasar utama JF3 dalam membangun semua yang dilakukan, yang mendorong kelangsungan JF3 selama dua dekade ini dengan konsistensi yang tak tergoyahkan. Komitmen inilah yang menghasilkan konsistensi,” kata Soegianto dalam sambutannya.

Menambahkan hal tersebut, Advisor JF3 Thresia Mareta menuturkan, pada JF3 kali ini juga akan menampilkan berbagai konsep berbeda. Hal ini juga akan membuat pergelaran JF3 ini menampilkan sesuatu yang baru dan unik.

Baca Juga: 10 Potret Erina Gudono Tampil Anggun Berkebaya di Catwalk JF3 Fashion Festival

“Kami melakukan perubahan eksekusi secara detail, mulai dari pemilihan lokasi, konsep presentasi, hingga bagaimana ruang itu dibangun untuk mencapai relevansi yang dituju. Hasilnya, dalam 3 tahun terakhir ini, JF3 selalu berbeda dan menampilkan sesuatu yang baru,” jelas Thresia.

JF3 Fashion Festival. [Suara.com/Fajar Ramadhan]JF3 Fashion Festival. [Suara.com/Fajar Ramadhan]

Pada malam pembukaan juga tidak hanya sekadar kata sambutan. Namun, terdapat JF3 Awards yakni pemberian penghargaan kepada para pihak dan insan yang berperan penting dalam industri mode tanah air. Ini adalah bentuk apresiasi atas dedikasi dan upaya mereka dalam memajukan industri mode Indonesia.

Selain itu, ada juga pengumuman pemenang JF3 Model Search 2024. Melibatkan profesional di industri mode, JF3 menerapkan standar tinggi dalam setiap tahap seleksi, menegaskan komitmennya untuk melahirkan bakat terbaik di industri modeling tanah air.

Sekitar 400 model muda berbakat mengikuti audisi ini di tiga kota: Bali, Yogyakarta, dan Jakarta, menunjukkan antusiasme luar biasa terhadap JF3 Model Search sebagai pintu gerbang karir model muda menuju industri mode professional.
Show Armine Ohanyan (FR) untuk koleksi “CYBERDISTORTION”.

JF3 Fashion Festival. [Suara.com/Fajar Ramadhan]JF3 Fashion Festival. [Suara.com/Fajar Ramadhan]

Bukan cuma itu, acara pembukaan tentu tidak lepas dari adanya pertunjukkan. Untuk pertunjukkan pembukaan, dibuka oleh koleksi karya desainer asal Prancis, yakni Armine Ohanyan.

Baca Juga: Fuji Lenggak-lenggok di Catwalk JF3 Fashion Festival, Warganet: Mayang Bisa Enggak?

Ia merupakan desainer muda yang kreatif menggabungkan keterampilan kerajinan tradisional dengan teknologi modern untuk menciptakan karya-karya inovatif dan berkelanjutan. Karya-karyanya menawarkan desain yang sangat mendetail dan bermakna yang dipengaruhi oleh semangat perempuan dan keindahan alam.

Di JF3 Fashion Festival 2024, Armine Ohanyan akan mempresentasikan koleksi terbarunya bertajuk "CYBERDISTORTION." Koleksi ini mengeksplorasi ketegangan antara dunia digital dan realitas, mencerminkan tantangan sosial dan ekologis yang kita hadapi saat ini. Inspirasi utamanya adalah kontradiksi dalam kehidupan kita, yang diwakili melalui warna, tekstur, dan bentuk yang berlawanan.

JF3 Fashion Festival. [Suara.com/Fajar Ramadhan]JF3 Fashion Festival. [Suara.com/Fajar Ramadhan]

Koleksi ini menawarkan pakaian unisex dengan sentuhan futuristik, mencerminkan bagaimana kita dapat membawa pengetahuan dan warisan masa lalu menuju masa depan.

“Bagi saya, pengetahuan tradisional, itu sangat penting untuk ditampilkan. Tetapi, bersamaan dengan itu, saya juga ingin memodernisasi pengetahuan tradisional. Ada sekitar 15 item yang terdiri dari blouse, kemeja, jaket, trench coat, dan lain sebagainya. Untuk warna, nantinya didominasi oleh warna-warna kontras seperti hitam, putih dan merah,” jelasnya.

Untuk JF3 ini nantinya akan terus berlangsung hingga Agustus mendatang. Festival mode terbesar di Indonesia ini digelar pada 18 hingga 28 Juli di Summarecon Mall Kelapa Gading dan 26 Juli hingga 4 Agustus 2024 di Summarecon Mall Serpong.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #fashion #festival #tahun #perjalanan #inovasi #kontribusi #untuk #mode #indonesia

KOMENTAR