Jangan Salah, Masalah Kesehatan Kulit Gen Z, Milenial, Hingga Baby Boomer Ternyata Beda Loh!
Masalah kesehatan kulit tiap generasi berbeda-beda jenis. (dok. Freepik/Kolase)
14:00
19 Juli 2024

Jangan Salah, Masalah Kesehatan Kulit Gen Z, Milenial, Hingga Baby Boomer Ternyata Beda Loh!

Masalah kesehatan kulit sering dianggap sepele, padahal bisa berdampak serius. Sayangnya sedikit yang paham bahwa masalah kulit pada setiap generasi berbeda-beda jenis dan penanganannya.

Mmenurut dr. Ricky Maharis, Sp.DVE, seorang dermatologis, kondisi ini dapat berdampak negatif pada semua generasi, mulai dari Gen Z hingga baby boomer. Lalu apa sih perbedaan masalah dan penanganannya?

Gen Z dan Masalah Jerawat

Gen Z, yang berada di rentang usia 17 hingga 25 tahun, sering mengalami jerawat akibat pubertas. Pubertas merupakan proses perubahan fisik yang terjadi ketika tubuh anak berubah menjadi tubuh dewasa yang siap untuk reproduksi. Proses ini dimulai dengan sinyal hormonal dari otak ke gonad, yaitu ovarium pada perempuan dan testis pada laki-laki.

Baca Juga: 8 Pekerjaan yang Cocok Buat Gen Z, Apa Saja?

"Selama pubertas, kelenjar minyak menghasilkan lebih banyak minyak, sehingga kulit menjadi berminyak. Setelah pubertas selesai, biasanya kelenjar minyak mulai mengecil dan menghilang," jelas dr. Ricky kepada Suara.com ditulis Jumat (19/7/2024).

Milenial dan Tanda Penuaan

Milenial, yang lahir antara tahun 1981 hingga 1996, kini mulai mengalami masalah flek kulit sebagai tanda penuaan, terutama di usia 30 hingga 40 tahun. Kondisi ini diperparah oleh kulit yang kering. "Di atas usia 30-an, biasanya muncul flek, kulit mulai kisut, dan kerutan halus," papar dr. Ricky pada peluncuran CeraVe di Watsons Indonesia.

Baby Boomers dan Masalah Kulit Kering

Bagi generasi baby boomers yang berusia di atas 50 tahun, masalah kulit kering dapat menyebabkan kulit gatal dan kemerahan, karena kulit menjadi lebih mudah terinfeksi bakteri dan kuman. "Kulit kering bisa membuat gatal dan iritasi. Flek pada kulit sering disebabkan oleh paparan sinar matahari," kata dr. Ricky.

Baca Juga: Terkurung Makanan Tak Sehat, Gen Z Jadi Taruhan Generasi Emas?

Dengan perawatan yang tepat dan konsisten, kita dapat menjaga kesehatan kulit di segala usia. Produk dengan kandungan ceramide bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi masalah kulit kering dan menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kesehatan kulit adalah langkah penting untuk penampilan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kulit tetap sehat:

1. Cuci Muka Secara Teratur

Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan hindari yang mengandung bahan kimia keras. Jangan lupa cuci wajah di pagi hari dan sebelum tidur untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan makeup.

2. Gunakan Pelembap

Pilih pelembap yang sesuai dan cocok untuk jenis kulit Anda, baik itu kering, berminyak, atau kombinasi. Gunakan pelembap setiap selesai mencuci muka untuk menjaga kelembapan kulit.

3. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Pilih tabir surya dengan SPF minimal 30 dan gunakan setiap kali keluar rumah, bahkan saat cuaca mendung. Jangan lupa pakai pelindung tambahan seperti topi, kacamata hitam, dan pakaian pelindung saat berada di bawah sinar matahari.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #jangan #salah #masalah #kesehatan #kulit #milenial #hingga #baby #boomer #ternyata #beda

KOMENTAR