Ardhito Pramono Sempat Ingin Akhiri Hidup, Ini Keistimewaan Surat Yasin yang Jadi Pegangan Hidupnya
Potret Ardhito Pramono (Instagram/ardhitopramono)
17:12
18 Juli 2024

Ardhito Pramono Sempat Ingin Akhiri Hidup, Ini Keistimewaan Surat Yasin yang Jadi Pegangan Hidupnya

Penyanyi Ardhito Pramono sempat menjadi sorotan karena berbagai kasus kontroversial beberapa tahun ke belakang. Hal ini sempat membuatnya merasa depresi hingga ingin mengakhiri hidupnya.

Beruntung, di tengah masalah tersebut, Ardhito Pramono memilih untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Bahkan ia mengaku menjadi orang yang religius. Hal ini ia sampaikan saat menkadi bintang tamu di channel YouTube Pophariini.

Dalam video itu, ia mengaku terus membawa Surat Yasin kemanapun pergi. Itulah yang bahkan menguatkannya saat tertimpa masalah tiada henti.

"Gua orang yang cukup religius, gue bawa Surat Yasin," ujar Ardhito Pramono dalam video tersebut, seperti dikutip Kamis (18/7/2024).

Baca Juga: Alami Masalah Kesehatan, Leehan BOYNEXTDOOR akan Absen dari Aktivitas Grup

Selain Surat Yasin, Ardhito Pramono juga mengaku menjadikan Surat Al-Waqiah sebagai pegangan ketika menghadapi berbagai cobaan.

"Lu tahu lah semua masalah gue, yang buat gue kuat sampai saat ini kayaknya Yasin deh. Nenek gue yang kasih pegangan, mungkin agak bolong tapi gue coba seminggu atau sebulan sekali, pagi Yasin malam Al-Waqiah," kata Ardhito lagi.

"Pegangan gue Yasin sama Al-Waqiah, itu the best sih," ujar Ardhito Pramono lagi.

Seperti diketahui, Ardhito Pramono memang tersandung sejumlah permasalahan hukum. Pada 2022, ia terjaring kasus narkoba, lantaran terbukti mengonsumsi ganja. Hal tersebutlah yang membuatnya mendekam di penjara.

Belum sampai di situ, sebuah video syur mirip dirinya muncul dan mengegerkan media sosial. Lantas, apa keistimewaan Surat Yasin dalam Islam? Benarkah memiliki keutamaan seperti yang disebutkan Ardhito Pramono?

Baca Juga: Makan Gratis Tak Cukup! CISDI: Ini yang Dibutuhkan Kesehatan Indonesia

Keistimewaan Surat Yasin

Surat Yasin adalah surat ke-36 dalam Al-Qur'an yang terdiri atas 83 ayat. Dikutip NU Online, pokok-pokok surat Yasin tidak lepas dari akidah umat sebelum Nabi Muhammad, perjuangan Rasulullah dalam menyampaikan risalah kenabian, keagungan Allah, dan keanekaragaman perilaku manis.

Menurut ulama, kalimat Ya Sin merupakan sumpah Allah SWT, nama Allah SWT, nama Al-Qur'an, nama Nabi Muhammad SAW, dan penegasan kepada manusia yang belum diperingatkan pada masa sebelumnya bahwa Rasulullah SAW adalah utusan-Nya.

Bagi yang membaca surat Yasin pada suatu malam dengan mengharapkan wajah Allah, maka akan diampuni pada malam itu. Abu Hurairah menuturkan bahwa Rasulullah bersabda.

Artinya: Barang siapa yang membaca Yasin pada suatu malam dengan mengharap wajah Allah maka ia akan diampuni pada malam itu. (HR. Ad-Darimi: II/457)

Dari beberapa penjelasan di atas, banyak ulama menganjurkan membaca surat Yasin, terutama malam Jumat karena memiliki banyak keistimewaan.

1. Hati Al-Qur'an adalah surat Yasin. Barang siapa yang membacanya, Allah mencatat pahala bagi pembacanya yang sebanding dengan membaca Al-Qur'an sepuluh kali.

2. Barang siapa yang membaca surat Yasin di malam Jumat, maka Allah memberikan keimanan yang kukuh.

3. Barang siapa membaca surat Yasin pada suatu malam karena mengharapkan ridha Allah, maka Allah mengampuni dosa-dosanya yang lampau dan keesokan harinya.

4. Barang siapa membaca surat Yasin di depan orang yang sedang menghadapi sakaratul maut, maka Allah meringankan dan memudahkan keluarnya ruh.

5. Barang siapa berziarah ke kuburan, lalu membaca surat Yasin, maka Allah meringankan siksa seluruh ahli kubur pada waktu itu. Selanjutnya, pembaca surat Yasin memperoleh pahala yang sama dengan jumlah pahala ahli kubur yang ada.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #ardhito #pramono #sempat #ingin #akhiri #hidup #keistimewaan #surat #yasin #yang #jadi #pegangan #hidupnya

KOMENTAR