Siapa Sosok Ayah Vincent Kosasih yang Bakal Jadi Mertua dari Gamer Nita Vior?
Sosok Ayah Vincent Kosasih yakni Lie Tjui Tek (baju abu-abu) bersama keluarga besarnya. [Vincent Kosasih/Instagram]
10:05
15 Juli 2024

Siapa Sosok Ayah Vincent Kosasih yang Bakal Jadi Mertua dari Gamer Nita Vior?

Pebasket Vincent Kosasih baru saja membagikan kisah bahagia setelah melamar kekasihnya Nita Vior pada 5 Juni 2024 lalu. Sosok ayah Vincent pun jadi sorotan.

Latar belakang Vincent Kosasih menuai penasaran dari publik terutama setelah series tentang kisahnya bersama Vior yang digarap YouTuber Boy William resmi dirilis.

Legenda Basket Indonesia

Tak sedikit yang penasaran hingga pangling dengan sosok Ayah Vincent Kosasih yang ternyata merupakan salah satu legenda basket Indonesia.

Baca Juga: Profil Vincent Kosasih, Atlet Basket Baru Lamar Nita Vior Bocah Kosong

Dikutip dari laman iblindonesia.com, ayah Vincent diketahui bernama Lie Tjui Tek. Ia pernah memperkuat Timnas Indonesia di era 1980-1991.

Sosok yang di lapangan lebih akrab disapa Aan tersebut lahir 15 Desember 1964.

Suami dari Tjinggawati yang juga atlet Timnas Indonesia ini mengawali karier sebagai pebasket dari klub Halim Kediri yang lengendaris di tahun 1981.

Ia mengikuti debut di kompetisi basket Gabatama sejak 1983.

Di musim 1984/1985 ia turut serta membawa Halim Kediri juara di awal era Kobatama.

Baca Juga: Boy William Mencak-Mencak Lamaran Nita Vior Dibilang Setingan: Ini Beneran!

Kemampuannya yang piawai mengolah bola basket membuat Liu Tjui Tek dipanggil untuk memperkuat tim Jawa Timur di ajang Pekan Olahraga Nasional di tahun 1985.

Tercatat ia memperkuat tim Jawa Timur di ajang PON mulai tahun 1985, 1989 serta 1993.

Di tim tersebut, Tjui Tek tergabung bersama Pek King Sing hingga Lee Gwan Ming.

Sementara itu dari periode 1985 hingga 1991, Tjui Tek turut memperkuat Timnas basket Indonesia. Ia juga sempat membela Timnas Indonesia di ajang SEA Games 1985 di Bangkok, Thailand.

Terhitung, Tjui Tek membela Timnas Indonesia selama 8 tahun, dimana ia tampil terakhir bersama skuat garuda tahun 1993, tepat setelah ia bermain di FIBA Asia Cup yang berlangsung di Istora Jakarta.

Di ajang FIBA Asia Cup 1993, Tjui Tek menjadi salah satu pemain senior yang bersanding dengan para pemain muda bertalenta diantaranya M Rifky, Ali Budimansyah, Chandra, AF Rinaldo hingga Romy C.

Diketahui, selain pernah memperkuat Halim Kediri, Tjui Tek juga pernah berseragam Pasific, CLS hingga Bhinneka.

Di tahun 2001, Tjui Tek pensiun. Meski begitu, ia tetap melakoni aktivitas sebagai pebasket dengan bergabung bersama kelompok veteran.

Diikuti Vincent Kosasih

Darah Lie Tjui Tek sebagai pebasket nyatanya kini ditularkan kepada dua anaknya. Salah satunya yakni Vincent Rivaldi Kosasih atau yang lebih familiar dengan nama Vincent Kosasih.

Pemain yang kini berseragam Pelita Jaya Bakrie ini lahir 17 Juni 1996.

Sosok yang mengawali kariernya sebagai pebasket pada 2016 silam di klub Satria Muda itu mengikuti prestasi yang ditorehkan sang ayah yakni tampil bersama Timnas Indonesia di ajang FIBA Asia Cup 2022.

Ia tercatat tampil di gelaran FIBA Asia Cup tiga dekade setelah ayahnya terlibat di ajang yang sama dan kebetulan juga sama-sama digelar di Istora Senayan, Jakarta.

Di klub, setelah mengawali karier dari Satria Muda, Vincent tercatat pernah memperkuat Stapac Jakarta hingga 2019 dan kini di Pelita Jaya.

Mertua Nita Vior

Ayah Vincent Kosasih sendiri bakal berstatus sebagai ayah mertua dari Nita Vior. Mengingat sang anak bakal melangsungkan pernikahan dengan gamer yang identik dengan perangai polosnya Nita Vior.

Nita Vior dan Vincent Kosasih diketahui go public sebagai sepasang kekasih pada Agustsu 2023 lalu.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #siapa #sosok #ayah #vincent #kosasih #yang #bakal #jadi #mertua #dari #gamer #nita #vior

KOMENTAR