Maarten Paes Main di Liga Apa? Kiper Berdarah Kediri Siap Bela Klub di Negara Menara Pisa!
Maarten Paes Main di Liga Apa? Kiper Berdarah Kediri Siap Bela Klub di Negara Menara Pisa! (IG)
09:56
15 Juli 2024

Maarten Paes Main di Liga Apa? Kiper Berdarah Kediri Siap Bela Klub di Negara Menara Pisa!

Maarten Paes, penjaga gawang berbakat keturunan Indonesia-Belanda, baru saja sepakat untuk bergabung dengan klub Serie A Italia, Empoli. Kesepakatan ini dilakukan dengan status pinjaman dari FC Dallas, klub Major League Soccer (MLS) tempat Paes bermain saat ini, dengan opsi pembelian permanen. Empoli membutuhkan kiper baru untuk musim 2024-2025 setelah kepergian dua kiper mereka sebelumnya.

“Negosiasi sedang berlangsung untuk peminjaman (Maarten Paes) plus kewajiban pembelian, sebagaimana FC Dallas mengingka transfer permanen,” ujar Fabrizio Romano selaku guru transfer Italia.

Saat ini, Maarten Paes bermain untuk FC Dallas di MLS. Paes lahir pada 14 Mei 1998 di Nijmegen, Belanda, dan memiliki darah Indonesia dari neneknya yang berasal dari Kediri, Jawa Timur. Meskipun memiliki keturunan Indonesia, Paes memilih untuk berkarier di luar negeri dan belum pernah bermain di Indonesia.

Meskipun sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia setelah menjalani proses naturalisasi pada 30 April 2024, Paes belum bisa memperkuat Timnas Indonesia karena terkendala regulasi FIFA. Sebelumnya, ia sempat membela timnas Belanda U-21 saat berusia 22 tahun, yang membuatnya tidak memenuhi syarat untuk langsung bermain bagi Timnas Indonesia.

Baca Juga: Striker Rp69,53 M yang Dianggap Keturunan Indonesia Bakal Jadi Lawan Maarten Paes

Atas keputusan tersebut, PSSI sempat mengajukan banding ke CAS agar Paes bisa membela Skuad Garuda untuk menghadapi sejumlah lga penting ke depa, termasuk putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Pada musim 2023-2024, Paes tampil impresif dengan mencatatkan 25 penampilan dan 5 clean sheets bersama FC Dallas. Penampilannya yang konsisten membuatnya terpilih masuk dalam MLS All-Star 2024 bersama bintang-bintang dunia seperti Lionel Messi dan Luis Suarez.

Paes memulai karier sepakbolanya di akademi VV Union pada tahun 2012 sebelum pindah ke NEC pada tahun 2015. Pada tahun 2018, ia bergabung dengan akademi Utrecht U-21 dan setahun kemudian dipromosikan ke tim senior FC Utrecht¹. Bersama FC Utrecht, Paes tampil dalam 48 pertandingan dan mencatatkan 12 clean sheets. Pada tahun 2022, ia pindah ke MLS dan bergabung dengan FC Dallas dengan status pinjaman sebelum akhirnya transfernya dipermanenkan.

Demikian informasi mengenai Maarten Paes yang saat ini membela FC Dallas dan bersiap ke Empoli

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Baca Juga: Biodata Fabrizio Romano, Juru Transfer Dunia Sebut Maarten Paes Warga Negara Belanda

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #maarten #paes #main #liga #kiper #berdarah #kediri #siap #bela #klub #negara #menara #pisa

KOMENTAR