5 Inspirasi Kebaya Janggan ala Dian Sastro Hingga Kahiyang Ayu: Bikin Penampilan Makin Unik!
Inspirasi Kebaya Janggan Ala Kahiyang Ayu Hingga Dian sastrowardoyo (Instagram)
14:58
6 Juli 2024

5 Inspirasi Kebaya Janggan ala Dian Sastro Hingga Kahiyang Ayu: Bikin Penampilan Makin Unik!

Busana tradisional kebaya janggan mendadak jadi tren usai muncul dalam salah satu serial Netflix populer, Gadis Kretek. Outfit ini dipakai oleh karakter Jeng Yah yang diperankan Dian Sastrowardoyo atau Dian Sastro.

Berbeda dari model kebaya lain, kebaya janggan memang dikenal memiliki desain yang terinspirasi dari model seragam militer Eropa. Namanya juga berasal dari kata jangga yang berarti leher. 

Oleh karena itu, kebaya janggan identik dengan kerah tinggi yang menutupi area leher. Serta kancing yang menyamping miring, dengan lengan panjang yang berbentuk ramping.

Kecantikan kebaya janggan pun kini berhasil mencuri hati banyak publik figur, yang terlihat menggunakannya dalam berbagai kesempatan. Berikut inspirasi kebaya janggan yang bisa kamu intip.

Baca Juga: Kisah Fahira Ningkeula yang Tangguh dan Menginspirasi Banyak Orang

Dian Sastro

Inspirasi Kebaya Janggan Ala Dian sastrowardoyo (Instagram)Inspirasi Kebaya Janggan Ala Dian sastrowardoyo (Instagram)

Sebagai salah satu pelopor yang mengangkat popularitas kebaya janggan lewat perannya, Dian Sastro terlihat beberapa kali mengenakan busana tradisional tersebut. Salah satu yang menarik, adalah kebaya janggan bermaterial bludru satu ini.

Distyling dengan modern dengan inner vest silver, kebaya janggan berwarna biru navy ini hiasi bordir cantik dengan benas emas dan silver berbentuk pita. Dian Sastro memadukannya dengan kain batik cokelat yang indah. 

Kahiyang Ayu

Inspirasi Kebaya Janggan Ala Kahiyang Ayu (Instagram)Inspirasi Kebaya Janggan Ala Kahiyang Ayu (Instagram)

Terbaru, Kahiyang Ayu terlihat mengenakan kebaya janggan di HUT Kota Medan saat mendampingi suaminya Wali Kota Medan Bobby Nasution. 

Baca Juga: 4 Padu Padan OOTD Kasual Chic ala Kim Soo-hyun, Dijamin Bikin Kamu Kepincut!

Kebaya janggan milik putri Presiden Joko Widodo itu terlihat manis berwarna pink muda yang ia padukan dengan kain batik cokelat. Terlihat Kahiyang Ayu menambahkan bros emas di dadanya untuk mempercantik tampilan ini.

Raline Shah

Inspirasi Kebaya Janggan Ala Raline Shah (Instagram)Inspirasi Kebaya Janggan Ala Raline Shah (Instagram)

Menghadiri festival film di luar negeri, Raline Shah tampil cantik dengan kebaya janggan embos berwarna broken white rancangan Sapto Djojokartiko. Ia tampak memadukannya dengan kain batik merah bermaterial silk yang cantik dan berkesan mewah. 

Tissa Biani

Inspirasi Kebaya Janggan Ala Tissa Biani (Instagram)Inspirasi Kebaya Janggan Ala Tissa Biani (Instagram)

Memerankan Arum dalam serial Netflix Gadis Kretek, Tissa Biani juga terlihat beberapa kali mengenakan kebaya janggan, termasuk dalam gala premier serial tersebut di Malaysia. 

Tissa Biani tampak mengenakan kebaya janggan dengan nuansa emas nan mewah. Berbeda dengan yang lain, kali ini kekasih Dul Jaelani tersebut memadukannya dengan kain songket emas yang indah, serta selendang.

Rossa

Inspirasi Kebaya Janggan Ala Rossa (Instagram)Inspirasi Kebaya Janggan Ala Rossa (Instagram)

Penyanyi Rossa tampil menawan dengan kebaya janggan bermaterial silk embos yang berkesan mewah. Ia memadukannya dengan kain batik krem. Gaya Rossa terlihat lebih santai, namun tetap menawan. 

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #inspirasi #kebaya #janggan #dian #sastro #hingga #kahiyang #bikin #penampilan #makin #unik

KOMENTAR