Selain Yoga Erina Gudono Juga Rutin Jalan Kaki Setiap Hari Saat Hamil, Ternyata Ini Manfaatnya Lho
Potret Erina Gudono Ikuti Kelas Prenatal Yoga. (Instagram/jamilatus.sadiyah)
09:31
2 Juli 2024

Selain Yoga Erina Gudono Juga Rutin Jalan Kaki Setiap Hari Saat Hamil, Ternyata Ini Manfaatnya Lho

Di tengah kehamilan anak pertamanya, Erina Gudono rutin melakukan olahraga demi kesehatan dan kelancaran saat persalinan. Baru-baru ini, Erina Gudono tampak melakukan prenatal yoga bersama sang suami, Kaesang Pangarep. Terlihat keduanya melakukan gerakan yoga secara bersama.

Namun, rupanya olahraga yang dilakukan Erina Gudono saat hamil ini tidak hanya yoga prenatal. Menantu Presiden Joko Widodo alias Jokowi ini juga rutin melakukan jalan kaki setiap harinya.

Dalam Instagram Story yang diunggah kembali akun @kaesangerinafamily, memperlihatkan Erina Gudono yang rutin lakukan jalan kaki 1 jam saat hamil.

“Tiap hari jalan kaki 1 jam,” tulis Erina Gudono dalam keterangan video singkat yang diunggah beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Kompak Lakukan Yoga Prenatal, Manfaatnya Baik Juga Buat Kesehatan Mental

Video singkat itu menunjukkan Erina Gudono yang rutin menjalankan olahraga untuk kesehatannya selama hamil. Terkait jalan kaki sendiri memang memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Berikut terdapat beberapa manfaat jalan kaki bagi ibu hamil dikutip Hellosehat.

1. Mengurangi varises

Ibu hamil yang rutin jalan kaki akan membantu kurangi pembengkakan karena varises. Hal ini akan sangat baik karena varises akan memberikan rasa pegal dan perih. Namun, rutinnya jalan kaki akan cega hal tersebut sehingga tidak ada pembuluh darah menonjol di betis.

2. Baik untuk pencernaan

Jalan kaki dapat mengurangi rasa mual, diare, hingga sembelit. Hal ini memberikan dampak positif bagi pencernaan. Selain itu, jika hal tersebut baik, maka penyerapan gizi pada tubuh dari makanan yang dikonsumsi akan semakin optimal.

Baca Juga: Potret Erina Gudono Hadir di Acara Ngunduh Mantu Beby Tsabina: Kenakan Berlian di Atas Kebaya Tosca

3.Menurunkan risiko diabetes gestasional

Rutin jalan kaki akan membantu turunkan risiko diabetes gestasional. Kondisi ini meningkat jika sebelumnya sudah memiliki berat badan berlebih. Namun, jika jalan kaki rutin dilakukan, ini dapat mengontrol berat badan sehingga risiko diabetes gestasional.

4. Mengurangi risiko preeklampsia

Jalan kaki juga berguna turunkan risiko preeklampsia, yaitu komplikasi dengan tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Jalan kaki akan membantu jaga berat badan dan kurangi kolesterol sehingga tekanan darah menjadi normal. Hal ini menurunkan risiko adanya komplikasi saat persalinan.

5. Cegah stres

Ibu hamil yang jalan kaki akan membantu kendalikan rasa stres ibu hamil. Jalan kaki meningkatkan hormon bahagia alias endorfin. Hal itu akan membuat suasana hati ibu hamil jadi lebih baik dan menyenangkan sehingga tidak alami stres.

6. Mempermudah persalinan

Jalan kaki secara rutin akan menguatkan otot paha, betis, dan pinggul. Hal ini akan berdampak pada persalinan yang jauh lebih mudah.

7. Bayi lahir sehat

Kebiasaan jalan kaki akan memberikan berat bayi yang lebih sehat. Hal ini akan membantu menjadi membuat proses kelahiran dan persalinan menjadi sehat dengan berat bayi ideal. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #selain #yoga #erina #gudono #juga #rutin #jalan #kaki #setiap #hari #saat #hamil #ternyata #manfaatnya

KOMENTAR