Hadiri Pesta Bersama Suami, Erina Gudono Tampil Mewah Pakai Busana dari Kain Ulos!
Erina Gudono Tampil Mewah Pakai Busana dari Kain Ulos. (Instagram/@erinagudono)
13:11
28 Juni 2024

Hadiri Pesta Bersama Suami, Erina Gudono Tampil Mewah Pakai Busana dari Kain Ulos!

Erina Gudono tampil menawan memakai kain ulos saat menghadiri undangan pernikahan bersama suaminya, Kaesang Pangarep. Tampak mewah dan berkelas, siapa sangka kalau busana yang dikenakan Erina ini merupakan brand fashion lokal.

Dalam unggahannya, Erina tampak memakai tunik berwarna hijau lumut yang bertabur payet dan bordir. Busana yang dikenakannya tampak serasi dengan yang dikenakan sang mertua, Iriana Jokowi.

Ternyata, busana yang dipakai Erina itu berasal dari brand lokal Tanda Mata. Brand yang dikenal dengan desain feminin dan elegan itu terinspirasi dari budaya maupun warisan Indonesia.

Erina Gudono Tampil Mewah Pakai Busana dari Kain Ulos. (Instagram/@erinagudono)Erina Gudono Tampil Mewah Pakai Busana dari Kain Ulos. (Instagram/@erinagudono)

Menurut katalog resmi Tanda Mata dalam koleksi Raya 2024, busana ulos rancangan brand tersebut memiliki kisaran harga mulai dari Rp7 juta sampai Rp10 juta.

Baca Juga: Pamer Baby Bump, OOTD Simpel Erina Gudono Harganya Gak Murah

Terbilang mahal, mengingat di dalamnya mengandung motif ulos yang terkenal memiliki arti simbolik. Bahkan dekorasi, detail hingga patternnya dibuat dengan sangat teliti dan seksama.

Keistimewaan Kain Ulos

Ulos adalah kain tenun tradisional Suku Batak yang berasal dari Sumatera Utara, Indonesia. Kain ini tidak hanya indah dan penuh warna, tetapi juga memiliki makna budaya dan spiritual yang mendalam bagi masyarakat Batak.

Asal usul ulos diperkirakan sudah ada sejak zaman prasejarah. Ulos pertama kali disebutkan dalam prasasti kuno dan naskah Batak. Sejak saat itu, ulos menjadi bagian integral dari budaya Batak dan digunakan dalam berbagai upacara adat, ritual keagamaan, dan kehidupan sehari-hari.

Ulos bukan hanya sekedar kain, tetapi juga memiliki makna dan filosofi yang mendalam bagi masyarakat Batak. Ulos dianggap sebagai simbol persatuan, kasih sayang, dan penghormatan kepada leluhur. Motif-motif pada ulos juga memiliki makna simbolis yang mewakili berbagai aspek kehidupan, seperti kesuburan, kemakmuran, dan keseimbangan.

Baca Juga: Koleksi Tas Mewah Erina Gudono Bertambah, Terbaru Terlihat Kenakan Hermes Kelly Seharga Rumah!

Berikut ini beberapa jenis ulos yang perlu diketahui, karena memiliki motif, warna dan makna yang sangat beragam:

1. Ulos Ragi Hotang

Ulos ini berwarna merah dan kuning, melambangkan keberanian, kemakmuran, dan kebahagiaan. Ulos Ragi Hotang biasanya digunakan dalam pernikahan, kelahiran anak, dan acara adat lainnya.

2. Ulos Simbolon

Ulos ini berwarna hitam dan putih, melambangkan kesedihan dan duka cita. Ulos Simbolon biasanya digunakan dalam upacara kematian dan pemakaman.

3. Ulos Harunggaol

Ulos ini berwarna-warni dan memiliki motif yang rumit, melambangkan keceriaan dan kegembiraan. Ulos Harunggaol biasanya digunakan dalam acara adat seperti tari Tor-Tor dan Mangunre.

4. Ulos Siboan

Ulos ini berwarna biru tua dan memiliki motif garis-garis, melambangkan keteguhan hati dan kesetiaan. Ulos Siboan biasanya digunakan sebagai kain gendongan bayi.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #hadiri #pesta #bersama #suami #erina #gudono #tampil #mewah #pakai #busana #dari #kain #ulos

KOMENTAR