Keistimewaan di Balik Ucapan Angelina Sondakh Saat Lamaran Aaliyah Massaid: Diucap 4 Kali
Aaliyah Massaid, Angelina Sondakh dan Keanu Massaid (Instagram)
11:31
26 Juni 2024

Keistimewaan di Balik Ucapan Angelina Sondakh Saat Lamaran Aaliyah Massaid: Diucap 4 Kali

Putri kedua dari mendiang Adjie Massaid dan Reza Artamevia, Aaliyah Massaid pada Minggu 23 Juni 2024 dilamar Thariq Halilintar. Prosesi lamaran keduanya berlangsung di The Manor Andara, Depok, Jawa Barat.

Pada momen lamaran ini, ibu sambung Aaliyah Massaid, Angelina Sondakh jadi sorotan publik. Hal ini lantaran sikap dan kehangatan dari eks politisi Demokrat itu kepada Aaliyah.

Salah satunya ialah saat Angelina menghampiri Aaliyah yang tengah make-up. Pada video yang diunggah di salah satu akun Tiktok, Angelina sangat antusias untuk bisa bertemu putri sambungnya itu.

Angelina yang saat ini banyak memberikan kajian Islam terlihat menghampiri Aaliyah. Angie ditemani oleh Keanu Massaid saat masuk ke ruangan make up Aaliyah.

Baca Juga: Kompak Bareng Reza Artamevia, Angelina Sondakh Rasakan Kehadiran Adjie Massaid Saat Lamaran Aaliyah Massaid

Di video itu, Angie sejak masuk pintu hingga bertemu dengan Aaliyah tak henti-hentinya mengucapkan ucapan Bismillah. Setidaknya ada 4 kali Angie mengucap Bismiilah saat menemui Aaliyah.

"Bismillahirrahmanirrahim. I just give you the prayer," ucap Angie di depan pintu sebelum menenui Aaliyah.

"oke bismillah," sambung Angie. "Hai kak, bismillahirrahmanirrahim," ucapnya lagi.

"Masya Allah," kata Angie saat melihat Aaliyah yang tengah di make up. Angie kemudian melantunkan shalawat di depan Aaliyah.

"Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad," ucap Angie. "Masya Allah. Bismillahirrahmanirrahim," kata Angie lagi.

Baca Juga: Keanu Massaid Jadi Perhatian Saat Kenalan dengan Keluarga Gen Halilintar: Bersinar Kayak Papahnya

Ucapan Bismillah yang diucapkan Angie sebelum Aaliyah dilamar Thariq memiliki keistimewaan tersendiri bagi umat muslim.

Kata Bismillah sendiri diambil dari lafal kalimat Bismillahirrahmanirrahim yang memiliki arti “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang”.

Ucapan bismillah yang diucapkan umat muslim merupakan doa untuk meminta keberkahan dan keridhoan Allah SWT. Bagi umat muslim, mengucap Bismillah jadi hal paling mudah untuk mengingat Allah SWT.

Maka tak heran jika setiap muslim selalu mengucapkan kata ini saat melakukan aktivitas, tujuannya agar semua berjalan lancar dan diberkahi oleh Allah SWT.

Dilansir dari NU Online, Imam Ibnu Katsir (1301 M-1372 M) dalam karya tafsirnya menjelaskan bahwa “bismillah” mengandung keberkahan.

Sejumlah hadits menganjurkan membaca bismillah, ketika berkhutbah, hendak memasuki toilet (HR Ahmad), mengawali wudhu, hendak berhubungan suami dan istri (HR Bukhari dan Muslim), hendak mengawali aktivitas makan (HR Muslim), berdiri, duduk, shalat, berkendaraan, minum, tidur, menyembelih hewan.

Arti dari lafadz bismillahirrahmanirrahim yaitu "dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang".

Dalam cermahnya, Ustadz Abdul Somad juga menyampaikan kata rahman dan rahim itu asalnya satu yaitu rahim. Rahim yang ada dalam perempuan diambil dari kata rahim. Karena rahim merupakan tempat terbaik di dunia.

Ustadz Abdul Somad menambahkan, membaca Alfatihah diawali dengan bismillah. Ada tiga cara membacanya. Adapun cara membacanya yaitu sebagai berikut:

  • Menurut Madzhab Syafi'i dibaca Jahr. Cara membaca Jahr Alfatihah yaitu bacaan alfatihah yang diawali dengan bismillah.
  • Menurut Madzhan Hanafi dan Hambali dibaca Siri. Cara membaca Siri alfatihah yaitu bacaan alfatihah yang mana pengucapan lafadz bismillah diucapkan secara lirih atau tidak nyaring
  • Menurut Madzah Maliki tidak dibaca sama sekali. Cara membacanya seperti ini yaitu bacaan alfatihah yang tidak diawali dengan bismillah.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #keistimewaan #balik #ucapan #angelina #sondakh #saat #lamaran #aaliyah #massaid #diucap #kali

KOMENTAR