Cari Voiceover Profesional, Kemenparekraf Buka Peluang Lewat Wonder Voice of Indonesia 2024
Cari Bakat Voiceover Profesional, Wonder Voice of Indonesia 2024 Digelar (Dok. VII)
15:24
13 Juni 2024

Cari Voiceover Profesional, Kemenparekraf Buka Peluang Lewat Wonder Voice of Indonesia 2024

Voice Institute Indonesia (VII), sebuah institusi pelatihan yang berfokus pada industri suara, kembali menggelar Wonder Voice of Indonesia. Acara ini merupakan kerja sama antara VII dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yang menjadi tahun ketiga penyelenggaraannya.

Seperti dua tahun sebelumnya, rangkaian kegiatan Wonder Voice of Indonesia 2024 ini akan dibuka dengan program Wonder Voiceover Challenge yang akan dimulai dari tanggal 12 Juni hingga 2 Juli 2024. 

"Tujuan dari Wonder Voice of Indonesia 2024 adalah untuk mempromosikan pariwisata dan keanekaragaman budaya serta ekonomi kreatif yang terdapat di seluruh Indonesia lewat sulih suara (voiceover)," ujar Bimo Kusumo Yudo, founder dari Voice Institute Indonesia dalam siaran pers yang Suara.com terima belum lama ini.

Bimo mengatakan, dari tahun ke tahun, animo pendaftar pada Wonder Voice of Indonesia cukup besar. Hal ini seolah menunjukkan bagaimana awareness mengenai voiceover sudah sangat berkembang, jika dibandingkan beberapa tahun lalu. 

Baca Juga: 7 Destinasi Bulukumba Masuk Unggulan Kemenparekraf, Pemkab Siapkan 25 Andalan Lagi

Sebab lanjut dia, banyak orang sudah memahami bahwa industri voiceover di Indonesia menawarkan peluang kerja bagi para voice talent profesional untuk berkembang dan memantapkan kariernya.

Dalam kesempatan yang sama Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan jika ada banyak talenta baru dengan suara unik ditemukandari para alumni Wonder Voice of Indonesia. Mereka sampai saat ini telah mengisi suara konten promosi banyak brand besar di tanah air. 

"Program ini merupakan langkah konkrit dari Kemenparekraf dalam penciptaan lapangan pekerjaan baru dan hasilnya bisa dirasakan oleh para alumni," kata dia.

Nantinya, dari seluruh peserta yang mengikuti Wonder Voiceover Challenge akan dipilih 30 besar yang akan mengikuti program berikutnya; Wonder Voice From Home, workshop voiceover yang diselenggarakan secara online. 

Dalam program tersebut, 30 peserta akan diseleksi lagi menjadi 20 finalis yang dapat mengikuti program terakhir, yaitu Wonder Voiceover Camp.

Baca Juga: Kembangkan Pariwisata Olahraga, Kemenparekraf Dukung Gelaran Event BOB Downhill 2024 di Kawasan Borobudur

Pada workshop akhir ini, para finalis akan diberikan pembekalan dan materi serta praktik secara offline mengenai Voiceover, Audio Editing, dan Personal Branding.

Sosialisasi Wonder Voice of Indonesia 2024, telah dilakukan di 2 (dua) kota besar Indonesia yaitu Makassar 25 - 27 Mei 2024 dan Bali 3 Juni 2024 lalu. Pada kegiatan ini, para peserta diberikan bimbingan dan juga kisi-kisi untuk mengikuti kompetisi voiceover terbesar di Indonesia ini. 

Materi diberikan oleh Bimo Kusumo Yudo, Binta Nadhila, dan Dhanu Riza dari Voice Institute Indonesia.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #cari #voiceover #profesional #kemenparekraf #buka #peluang #lewat #wonder #voice #indonesia #2024

KOMENTAR