Sejak Mualaf, Angelina Sondakh Selalu Lafalkan Ayat Al Quran Ini Tiap Kali Ditimpa Ujian
Sumber Kekayaan Angelina Sondakh (Instagram/@angelinasondakh09)
11:17
9 Juni 2024

Sejak Mualaf, Angelina Sondakh Selalu Lafalkan Ayat Al Quran Ini Tiap Kali Ditimpa Ujian

Perjalanan spiritual Angelina Sondakh hingga menjadi mualaf memang tak lepas dari peran mendiang Adjie Massaid. Meski masuk Islam dengan cara 'dijebak', Angelina Sondakh buktikan kalau dirinya benar-benar serius menjalani perintah agama Islam. Ibu sambung Aaliyah Massaid itu kini telah memeluk agama Islam sejak 2009. 

Sejak mualaf, Angelina Sondakh bahkan punya ayat Al Quran yang selalu dia lafalkan setiap kali tengah diterpa ujian. Hal tersebut terungkap ketika Angelina Sondakh hadir sebagai bintang tamu acara FYP yang dipandu Raffi Ahmad dan Irfan Hakim.

"Satu ayat yang selalu kak Angie lafalkan karena untuk terus sebagai pengingat agar Kak Angie kuat menghadapi cobaan seberat apa pun, ayat yang mana?" tanya Raffi Ahmad, dikutip dari cuplikan video yang dibagikan akun TikTok @bukanpandaa, Minggu (9/6/2204). 

"Itu surat Al Fath ayat 1 sampai 5," jawab Angelina Sondakh.

Baca Juga: Sosok Maulana Haqiqi: Pria Jawa Timur yang Nikahi Ulya Bule Rusia, Pendidikannya Mentereng

Sumber Kekayaan Angelina Sondakh (Instagram/@angelinasondakh09)Sumber Kekayaan Angelina Sondakh (Instagram/@angelinasondakh09)

Angelina Sondakh pun diminta oleh Raffi Ahmad dan Irfan Hakim untuk melafalkan ayat-ayat tersebut. Tanpa melihat teks apa pun, mantan anggota DPR itu nyatanya memang hafal dengan kelima ayat tersebut. 

Surat Al Fath di dalam Al Quran rupanya memang kerap dikaitkan dengan perjalanan spiritual seorang muslim. Dalam kitab Shafwatut Tafasir Syekh Muhammad Ali As-Shabuni mengutip hadits Nabi Muhammad saw riwayat Imam Ahmad:
 
Artinya, “Sungguh telah diturunkan kepadaku pada suatu malam sebuah surat yang lebih aku sukai daripada dunia segenap isinya.” (HR Ahmad).

Dikutip dari NU Online, keutamaan surat Al-Fath bukan hanya berdasarkan nash, tapi juga berdasarkan tajribah atau pengalaman spiritual sebagian Waliyullah seperti disebutkan dalam kitab Khazinatul Asrar. Sebagaimana dituliskan dalam Darul Kutub Al-‘Ilniyah: 2018:

Artinya, “Telah berkata sebagian Arifin: “Barang siapa membaca surat Al-Fath ketika melihat hilal Ramadhan di awal malam, maka Allah akan meluaskan rezekinya pada tahun tersebut hingga sampai akhir.” (Muhammad Haqqi An-Nazili, Khazinatul Asrar, [Beirut: Darul Kutub Al-‘Ilniyah: 2018], halaman 190).

Masih dalam sumber yang sama dijelaskan bahwa para ulama dulu membaca surat Al-Fath sebanyak 21 kali secara terus-menerus selama tiga, lima, atau tujuh hari untuk menggapai cita-cita dan menolak marabahaya.

Baca Juga: Sama-Sama Dapat Hidayah dari Mimpi, Begini Kisah Mualaf Dokter Tirta dan Nathalie Holscher

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #sejak #mualaf #angelina #sondakh #selalu #lafalkan #ayat #quran #tiap #kali #ditimpa #ujian

KOMENTAR