Sosok Widya Alias Jamet, Guru Ngaji Angelina Sondakh di Penjara hingga Hafal 15 Juz Alquran
Sosok Widya alias Jamet guru ngaji Angelina Sondakh, [YouTube/Keema Entertainment]
08:57
5 Juni 2024

Sosok Widya Alias Jamet, Guru Ngaji Angelina Sondakh di Penjara hingga Hafal 15 Juz Alquran

Angelina Sondakh terkesan dengan sosok guru ngaji yang membantunya belajar Alquran saat mendekam di penjara. Guru itu bernama Widya alias Jamet.

Jamet menjadi salah satu orang berarti bagi Angelina Sondakh dalam perjalanan spiritualnya sebagai seorang mualaf yang sempat mengalami ujian bertubi-tubi hingga dibui.

Angelina Sondakh menyebut nama guru ngajinya lewat berbagai kesempatan. Diakuinya, Jamet adalah mantan teman satu kamar di lapas.

Bersama Jamet, Angie belajar dan menghafal Alquran. Terlebih Jamet memiliki latar belakang pendidikan agama dari pesantren sebagai santriwati.

Baca Juga: Saat Hijrah Jadi Sorotan, Beda Alasan Angelina Sondakh dan Reza Artamevia Putuskan Berhijab

"Widya ini teman satu kamar saya. Widya tamping taman, kemudian jadi tamping masjid lalu jadi teman sekamar," ungkap Angie dalam YouTube Keema Entertainment.

Angelina Sondakh menerangkan Jamet divonis enam tahun penjara tanpa menyebut kasusnya. Namun, Jamet mendapat remisi hingga hanya menjalani hukuman 4 tahun. Karenanya, Jamet keluar penjara lebih dulu ketimbang Angie.

Sosok Widya alias Jamet guru ngaji Angelina Sondakh, [YouTube/Keema Entertainment]Sosok Widya alias Jamet guru ngaji Angelina Sondakh, [YouTube/Keema Entertainment]

Panggilan Jamet tersendiri merupakan singkatan "Jawa Metal". Julukan itu diberikan warga binaan kepada Widya sehingga Angie juga memanggilnya dengan sebutan itu.

Angelina Sondakh menyebut Jamet sebagai tandemnya menghafal Alquran saat di penjara. Keduanya bertemu saat sama-sama mengikuti program hafalan Alquran.

Di awal pertemuan mereka, Angie dibuat takjub lantaran hafalan Jamet lebih banyak darinya. Jametlah yang kerap memberikan masukan kepada Angie mengenai cara membaca Alquran yang benar termasuk soal makharijul huruf, tajwid hingga qalqalah.

Baca Juga: Bakal Jadi Mertua Thariq Halilintar, Angelina Sondakh Punya Segudang Prestasi Sejak Kecil

"Jamet memberikan saya cara menghafal Alquran tanpa harus menghafal. Jadi Jamet mungkin pakai metode pesantren," tutur Angie.

Diakui oleh ibu satu anak itu, Jamet kerap menyimak hafalannya lalu mengoreksi bila ada cara baca, panjang pendek harakat atau pengucapan yang keliru.

"Mulai dari Iqra, Jamet termasuk guru ngaji favorit (di lapas), mungkin karena dia agak sabar untuk ngajarin," imbuh Angie.

Angie dan Jamet bercerita, mereka dulunya memiliki kegiatan ibadah rutin saat di lapas. Tak hanya mengaji, ada salat berjemaah hingga zikir pagi dan petang. Tak jarang mereka menangis bersama saat sholawatan.

Namun Angelina Sondakh sempat merasa kehilangan Jamet karena lebih dulu menghirup udara bebas. Mantan anggota DPR itu teringat dengan amalan-amalan yang diajarkan oleh Jamet hingga menuntaskan hafalan 15 juz.

Setelah bebas, Jamet kini menjadi guru ngaji anak-anak di daerah Jatiasih, Bekasi. Jamet berprinsip lebih baik mendapat penghasilan kecil asal halal.

Angie terkesan dengan kayakinan Jamet mengenai rezeki yang sudah ditetapkan oleh Tuhan. Prinsip itu juga kini dipegang oleh Angie.

"Rumus kita yang dulu, mendingan jadi guru Iqra yang penting halal, daripada kita dapat banyak (tapi gak halal)," kata Angie disambut tawa Jamet.

"Rumus Jamet, kita gak akan pernah miskin, itu janjinya Allah. Kita gak akan pernah kekurangan dan sesungguhnya kita akan berlimpah kalau Fabiayyi ala irobbikuma tukadziban," bebernya.

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #sosok #widya #alias #jamet #guru #ngaji #angelina #sondakh #penjara #hingga #hafal #alquran

KOMENTAR