Profil dan Jabatan Tenri Olle Yasin Limpo, Kakak SYL Dapat Jatah Rp10 Juta per Bulan dari Kementan
Kakak Syahrul Yasin Limpo [Instagram]
20:22
21 Mei 2024

Profil dan Jabatan Tenri Olle Yasin Limpo, Kakak SYL Dapat Jatah Rp10 Juta per Bulan dari Kementan

Aliran 'uang panas' dari Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (YSL) turut mengalir ke sang kakak, yakni Tenri Olle Yasin Limpo.

Adapun SYL turut berbagi setoran uang Kementerian Pertanian (Kementan) ke TYL yang jumlahnya melimpah tiap bulannya.

Sekretaris Badan Karantina Kementan, Wisnu Haryana dalam kesaksiannya, Senin (20/5/2024) menyebut bahwa Tenri Olle menerima Rp10 juta dari sang adik yang terlibat kasus korupsi.

Wisnu kala bersaksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta menjelaskan bahwa uang puluhan juta Rupiah itu diberikan sebagai 'gaji' untuk Tenri Olle, padahal tidak pernah terlihat bekerja di Kementan.

Lantas, apa jabatan Tenri Olle Yasin Limpo di Kementan sehingga bisa digaji jutaan Rupiah oleh adiknya sendiri?

Tenri Olle Yasin Limpo pegang jabatan di Kementan tapi tak pernah kerja

Setelah ditelusuri, kakak SYL tersebut menjabat sebagai tenaga ahli di Badan Karantina Kementan. Tenri Olle sayangnya tak pernah terlihat kerja kendati menjabat posisi strategis.

Fungsional Perencanaan Muda Badan Karantina Kementan, Lucy Anggraini dalam kesaksiannya membeberkan bahwa ia tak pernah melihat Tenri Olle di kantor.

Usut punya usut, Tenri Olle juga berasal dari partai yang sama dengan sang adik. Perempuan kelahiran Ujung Pandang, 30 Agustus 1954 ini juga merupakan kader Partai NasDem.

Kala berdinamika di partai, Tenri Olle banyak memberikan kiprahnya. Ia mewakili partainya maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Selatan I.

Kakak SYL ini sayangnya belum bisa menggaet suara dari masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, Bantaeng, Jeneponto, Takalar, Gowa serta Kota Makassar.

Pasalnya, ia hanya memperoleh 16.292 suara pemilih sehingga tertinggal dengan para kandidat yang berhasil terbang ke Senayan.

Tak kapok dengan perolehan suara tersebut, Tenri Olle memberanikan diri untuk maju dalam pemilihan calon bupati di Pilkada Gowa tahun 2015.

Ia masih bernasib kurang mujur alias gagal merebut suara rakyat dan kalah dengan keponakannya sendiri yakni Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo. 

Sebagai informasi, keluarga Tenri Olle memang berjaya di Gowa. Saudara kandung Tenri yakni Ichsan Yasin Limpo pernah menjabat sebagai menjabat sebagai Bupati Gowa selama dua periode pada tahun 2005 hingga 2015.

SYL adik Tenri Olle sendiri merupakan Bupati Gowa ke-7, dan kemudian Gubernur Sulawesi Selatan sejak tanggal 8 April 2008 hingga 8 April 2018.

Muhammad Yasin Limpo ayah Tenri Olle juga merupakan Penjabat Bupati Gowa di era Presiden Soekarno. Ayah Tenri Olle dan SYL ini juga merupakan tokoh pejuang yang terlibat dalam PARRIS (Pasukan Rahasia Republik Indonesia Sulawesi).

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #jabatan #tenri #olle #yasin #limpo #kakak #dapat #jatah #rp10 #juta #bulan #dari #kementan

KOMENTAR