6 Gurita Bisnis Irwan Mussry, Suami Maia Estianty Beri Gratifikasi ke Eks Kepala Bea Cukai Jogja
Maia Estianty dan Irwan Mussry (Instagram/maiaestiantyreal)
18:34
17 Mei 2024

6 Gurita Bisnis Irwan Mussry, Suami Maia Estianty Beri Gratifikasi ke Eks Kepala Bea Cukai Jogja

Irwan Mussry tengah tersandung kasus dugaan gratifikasi. Pasalnya, suami Maia Estianty ini diduga memberikan gratifikasi kepada mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto.

Hal ini terungkap dalam sidang Eko Darmanto yang digelar di Pengadilan Tipikor Surabaya, Selasa (14/5/2024). Dalam sidang itu, jaksa KPK Eko Wahyu Prayitno mengungkap bahwa Irwan telah memberikan uang Rp100 juta kepada Eko Darmanto.

Selain Irwan Mussry, jaksa juga mengungkap ada belasan nama pengusaha lainnya yang ikut memberikan uang kepada Eko Darmanto. Tak main-main, jumlah uang yang diberikan sebagai gratifikasi ke Eko mencapai Rp23,5 miliar.

Terseretnya nama Irwan Musrry dalam kasus dugaan gratifikasi eks Kepala Bea Cukai Jogja itu tentu langsung memicu rasa penasaran publik. Tak terkecuali terkait harta kekayaannya yang fantastis.

Mengenai itu, menarik untuk melongok gurita bisnis bapak sambung Al, El, dan Dul ini.

Gurita Bisnis Irwan Mussry

Irwan Mussry tak cuma dikenal sebagai suami Maia Estianty. Jauh sebelum menikahi Maia, sosoknya sudah dikenal sebagai pengusaha sukses di Tanah Air. Salah satu bisnis terbesarnya adalah jam tangan mewah.

Berikut ini deretan gurita bisnis yang dimiliki oleh Irwan Mussry:

1. Distributor jam tangan mewah

Irwan Mussry sekarang menjabat sebagai CEO sekaligus Presiden Direktur PT Timerindo Perkasa International.

Perusahaan miliknya ini bergerak di bidang distribusi sejumlah merk jam tangan ternama. Sebut saja jam tangan merek The Time Place, INTime hingga Urban Icon.

Hingga hari ini, tercatat bahwa perusahaan yang dipimpin mantan kekasih Dessy Ratnasari ini sudah memiliki 92 cabang di seluruh Indonesia.

2. Bisnis bidang fashion

Tak cuma menjual jam tangan mewah, Irwan juga mengembangkan bisnis fashion. Ia memegang hak ritel sejumlah brand fashion dunia lewat perusahaannya yang bernama PT Timerindo Perkasa International.

Sejumlah brand ternama yang ikut didistribusikan perusahaan milik Irwan adalah Fendi, Chanel, Valentino, Cartier, Fossil hingga Tory Burch.

3. Bisnis kosmetik

Selain jam tangan mewah dan fashion, Irwan juga turut mengembangkan bisnis di bidang kosmetik. Tak main-main, perusahaannya bahkan sukses memiliki hak ritel merk kosmetik ternama dunia.

Hak ritel ini meliputi brand kosmetik asal Korea Selatan, yakni LANEIGE dan Innisfree. Dua brand ternama itu diketahui memproduksi skincare dengan sasaran kelas menengah ke atas.

4. Usaha kuliner

Gurita bisnis lain milik Irwan Mussry bergerak di bidang kuliner. Ia memiliki usaha kuliner bernama Sweet Monster Popcorn.

Merk makanan yang dikembangkannya itu tidak hanya ada di dalam negeri. Bisnis Sweet Monster Popcorn miliknya telah sukses membuka cabang di luar negeri. Seperti China, Hong Kong dan negara tetangga Indonesia, Singapura.

5. Bisnis properti

Pundi-pundi harta kekayaan Irwan Mussry semakin bertumbuh fantastis. Bagaimana tidak, sosoknya ikut berbisnis properti di Indonesia.

Bisnis properti Irwan ini meliputi pembangunan rumah, villa, apartemen sampai hunian komersial. Tak sampai di situ, Irwan lewat perusahaannya juga menyediakan berbagai pilihan properti yang bisa disesuaikan dengan anggaran klien.

6. Produser film

Terakhir, Irwa Mussry rupanya juga aktif berbisnis di dunia kreatif. Ia terjun sebagai produser film di dunia entertainment. Hal ini membuatnya memiliki hubungan dekat dengan sejumlah artis.

Adapun daftar karya film yang pernah diproduseri Irwan adalah film "The Raid" tahun 2011 dan "Foxtrot Six" yang dirilis tahun 2012. Kemudian ada pula film "Susi Susanti: All Love" yang dirilis tahun 2019.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #gurita #bisnis #irwan #mussry #suami #maia #estianty #beri #gratifikasi #kepala #cukai #jogja

KOMENTAR