Sumber Kekayaan Irwan Mussry, Terseret Kasus Gratifikasi Rp100 Juta ke Eks Kepala Bea Cukai Jogja
Suami Maia Estianty, Irwan Mussry setelah menjalani pemeriksaan di KPK. (Suara.com/Yaumal)
13:49
16 Mei 2024

Sumber Kekayaan Irwan Mussry, Terseret Kasus Gratifikasi Rp100 Juta ke Eks Kepala Bea Cukai Jogja

Suami Maia Estianty, Irwan Daniel Mussry, kini mendadak jadi perhatian publik, lantaran tersandung kasus dugaan gratifikasi mantan Kepala Bea Cukai Yogyakarta, Eko Darmanto.

Nama Irwan disebut jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Eko Wahyu Prayitno, ketika membacakan surat dakwaan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Surabaya, Selasa (14/5/2024).

Oleh jaksa Eko, Irwan disebut memberikan uang sebesar Rp100 juta pada Eko Darmanto. Namun tak dijelaskan lebih lanjut mengenai maksud pemberian itu.

"Berasal dari Irwan Daniel Mussry sebesar Rp 100 juta," kata Eko Wahyu dalam sidang.

Ternyata Irwan tak sendiri. Ada belasan pengusaha lainnya yang diduga memberikan sejumlah uang pada Eko Darmanto, hingga nilainya mencapai Rp23,5 miliar.

"Sebagai orang yang melakukan beberapa perbuatan yang mempunyai hubungan sedemikian rupa sehingga harus dipandang sebagai satu perbuatan berlanjut, menerima gratifikasi berupa uang keseluruhannya berjumlah Rp 23.511.303.640,24," lanjut Eko.

Dugaan keterlibatan Irwan Mussry dalam kasus tersebut lantas memantik rasa penasaran publik mengenai sosoknya. 

Berapa harta kekayaan pria berkepala plontos itu sehingga bisa memberikan uang ratusan juta rupiah pada Eko Darmanto?

Ternyata Irwan Mussry selama ini dikenal sebagai pengusaha yang memiliki kekayaan melimpah. Dan inilah deretan usaha Irwan yang menjadi sumber kekayaannya.

Distributor jam tangan mewah

Irwan Mussry kini menjabat sebagai CEO dan Presiden Direktur PT Timerindo Perkasa International. 

Perusahaan itu mendistribusikan sejumlah merk jam tangan ternama, seperti The Time Place, INTime dan Urban Icon.

Dan hingga kini perusahaannya tersebut telah memiliki 92 cabang di seluruh Indonesia.

Bisnis Fashion

Selain mendistribusikan merk jam tangan mewah, PT Timerindo Perkasa International juga memegang hak ritel sejumlah merk fashion ternama.

Diantaranya Cartier, Fossil, Tory Burch, DIESEL, Fendi, Chanel, hingga Valentino.

Bisnis kormetik

Selain jam tangan dan fashion, Irwan Mussry juga menggeluti bisnis di bidang kosmetik. Ia memiliki hak ritel tunggal dua merek kosmetik asal Korea Selatan, yaitu LANEIGE dan Innisfree. Dua merk ternama itu merupakan skincare kelas menengah ke atas.

Usaha kuliner

Seakan tak puas, Irwan Mussry terus melebarkan bisnisnya ke berbagai bidang. Salah satunya adalah bisnis kuliner. Pria berusia 61 tahun itu juga menjalankan bisnis kuliner bernama Sweet Monster Popcorn.

Tak hanya menggarap pasar dalam negeri, bisnis kuliner tersebut juga telah memiliki beberapa cabang di luar negeri, diantaranya Singapura, Hongkong dan China.

Bisnis properti

Irwan Mussry juga menggarap bisnis properti yang meliputi rumah, apartemen, villa hingga hunian komersial.

Ia juga menyediakan beragam piliha properti lainnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki calon pembelinya.

Produser film

Terakhir, Irwan Mussry juga menggeluti bisnis yang bersentuhan dengan dunia hiburan, yakni dunia perfilman sebagai produser film.

Sejumlah film yang pernah ia produseri diantaranya Susi Susanti: All Love (2019), The Raid (2011), dan Foxtrot Six (2012).

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #sumber #kekayaan #irwan #mussry #terseret #kasus #gratifikasi #rp100 #juta #kepala #cukai #jogja

KOMENTAR