Jangan Dianggap Sepele! Ini Tipe Kepribadian yang Paling Rentan Terhadap Depresi, Apakah Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi perempuan yang depresi (freepik)
12:28
15 Mei 2024

Jangan Dianggap Sepele! Ini Tipe Kepribadian yang Paling Rentan Terhadap Depresi, Apakah Kamu Salah Satunya?

 

 – Depresi adalah kondisi kesehatan mental yang menyerang suasana hati (mood) yang ditandai dengan perasaan sedih yang sangat mendalam dan merasa kehilangan semangat serta motivasi untuk maju dan berkembang.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, ada beberapa faktor penyebab depresi mulai dari faktor biologis, genetik, lingkungan dan kesehatan mental.

Membahas mengenai faktor kesehatan mental dan fisik sering dikaitkan dengan tipe kepribadian setiap individu. Artinya ada beberapa tipe kepribadian yang memiliki kerentanan cukup tinggi terkena depresi.

Dilansir dari laman Neuro Health, Rabu (15/5), ada dua jenis tipe kepribadian yang paling rentan mengalami depresi diantaranya :

  1. Neurotisme

Tipe kepribadian neurotisme dikenal sebagai individu yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi secara emosional. Dalam hal ini mereka cenderung mudah memiliki pikiran yang negatif.

Mereka juga memiliki kecerdasan emosional yang kurang stabil sehingga ketika menerima suatu kondisi yang membuat tersinggung akan menjadi beban pikiran hingga berlarut-larut.

Hal ini jika secara terus-menerus dipikirkan tanpa menemukan solusi maka bisa menyebabkan kecemasan dan depresi. Bahkan perempuan yang neurotik ini cenderung rentan mengingat kembali hal-hal yang sama sesuatu yang sudah terjadi.

Fenomena tersebut biasa dikenal dengan istilah “perenungan”. Mereka justru menjadi pribadi yang banyak merenung dan melamun memikirkan hal negatif hingga meratapinya.

Dari perenungan ini, mereka akhirnya timbul perasaan sedih, merasa bersalah, dan khawatir berlebihan padahal secara realitanya hal yang dipikirkan sudah terjadi dan bukan sepenuhnya salah mereka.

Sedangkan pria neurotik, justru lebih banyak mengingat kenangan yang negatif. Sehingga tak heran jika mereka lebih susah bangkit jika sedang mengalami keterpurukan atau kemunduran dalam hidupnya.

  1. Introvert  

Tipe kepribadian yang introvert dikenal sebagai pribadi yang memiliki spontanitas dalam mengingat lebih banyak peristiwa kehidupan yang negatif.

Dr Florin Dolcos seorang rekan penulis penelitian menjelaskan bahwa mereka melihat ciri-ciri yang terkait dengan cara orang memproses dunia emosional dan cara mereka meresponnya.

Mereka tidak hanya melihat bagaimana ciri-ciri kepribadian dapat mempengaruhi apa dan bagaimana seseorang mengingatnya namun juga untuk melihat bagaimana hal tersebut berdampak pada keadaan emosinya.

Hasilnya menunjukkan bahwa baik pria maupun wanita yang lebih introvert cenderung mengingat lebih banyak kenangan negatif.

Dr Dolcos juga menegaskan bahwa orang introvert cenderung mengalami depresi karena mengingat kenangan negatif yang berujung menimbulkan perasaan sedih.

Dari akibat perasaan sedih ini, mereka cenderung mengingat kembali banyak kenangan negatif. Hal ini seperti lingkaran setan yang sulit untuk Anda keluar jika tidak memutus akar penyebabnya yaitu memiliki pikiran negatif.

Selain itu, orang introvert dikenal individu yang nyaman dengan kesendirian. Di masa menyendiri ini, mereka sangan rentan mengingat kejadian yang sudah berlalu dan terbawa suasana hati akhirnya berujung sedih.

Ditambah lagi, orang introvert lebih sensitif hatinya sehingga mendengar lagu sedih dikit, mereka terkadang bisa flashback ke kenangan-kenangan negatif yang pernah mereka alami.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #dianggap #sepele #tipe #kepribadian #yang #paling #rentan #terhadap #depresi #apakah #kamu #salah #satunya

KOMENTAR