Bahaya Ular Weling dan Cara Aman Menghalau, Agar Tak Gigit Balita Seperti Kejadian Naas di Sukabumi
Ilustrasi bahaya ular weling dan cara menghalaunya (dok. UKF IPB)
10:06
14 Mei 2024

Bahaya Ular Weling dan Cara Aman Menghalau, Agar Tak Gigit Balita Seperti Kejadian Naas di Sukabumi

Baru-baru ini ada seorang balita meninggal dunia usai digigit ular weling. Sebagai antisipasi agar kejadian tersebut tidak kembali terulang, simak berikut ini bahaya ular weling dan cara menghalaunya.

Diberitakan bahwa seorang balita usai 3,5 tahun digigit ular weling hingga tewas. Balita berjenis kelamin perempuan tersebut digigit ular di rumahnya saat Ia sedang tidur. Adapun lokasi rumahnya berada di kawasan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi.

Sebelum meninggal dunia karena digigit ular weling, korban sempat mengeluh kesakitan pada bagian kaki dan perut bahkan hingga muntah-muntah.  Ular weling tersebut ditemukan keluarga ada di sela-sela dinding dan kasur lantai.

Saat korban mengeluh sakit pada bagian kaki dan perut, korban pun langsung dilarikan ke rumah sakit oleh pihak keluarga. Korban sempat dapat perawatan di RS, namun nyawanya tak dapat diselamatkan.

Bicara mengenai ular weling, bagaimana kira-kira cara menghalau ular weling? Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini penjelasan bahaya ular weling dan cara menghalaunya dilansir dari berbagai sumber.

Bahaya Ular Weling dan Cara Menghalaunya

Secara fisik, ular weling ini kulitnya berwarna hitam putih dan pada ujung badannya memiliki bentuk runcing. Hewan berbisa ini biasanya ada dekat sumber air, contohnya sawah. Pada pagi hingga siang ular weling biasanya bersembunyi, dan akan mulai aktif pada malam hari.

Biasanya ular weling in bersembunyi dalam lubang tikus. Ular weling ini masuk dalam kategori ular berbahaya karena bisanya mematikan. Meski bisa ular weling tidak menimbulkan efek bengkak dan sakit berlebihan, nampun dapat berakibat fatal bahkan bisa menimbulkan kematian.

Saat terkena bisa ular weling, berbagai gejala yang muncul seperti gejala keracunan, diantaranya kelopak mata memberat, kesulitan bernafas, kesulitan menelan, dan kemudian kegagalan kerja jantung. Jangka waktu kematian setelah terkena bisa ular weling antara 5-20 jam.

Jika kamu bertemu dengan ular weling, harap hati-hati. Pasalnya, ular weling ini ini tak jauh berbeda dengan kobra. Maka dari itu, sebaiknya kamu jangan memprovokasi ular jenis ini, karena semakin kamu menganggunya dan membuatnya terancam, maka ia semakin agresif.

Dikutip dari kanal YouTube Panji Petualang, jika bertemu dengan ular weling sebaiknya pergi menjauhi ular tersebut. Jika pergi atau menghindari, ular weling akan diam atau bahkan ia juga akan pergi menjauhi kita.

Demikian ulasan mengenai bahaya ular weling dan cara menghalaunya yang penting untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #bahaya #ular #weling #cara #aman #menghalau #agar #gigit #balita #seperti #kejadian #naas #sukabumi

KOMENTAR