Wajib Dihindari! Ini 7 Kesalahan Konyol Saat Menyelesaikan Konflik dalam Pernikahan
Ilustrasi pasangan yang tidak saling berbicara dalam menyelesaikan konflik (freepik/yanalya)
08:20
12 Mei 2024

Wajib Dihindari! Ini 7 Kesalahan Konyol Saat Menyelesaikan Konflik dalam Pernikahan

 

 – Dalam menjalani hubungan pernikahan, mempelajari cara menyelesaikan konflik sangatlah penting sehingga konflik tidak akan meningkat dan bisa diselesaikan dengan baik dan tepat.

Menyelesaikan konflik dalam pernikahan sangatlah harus karena hal ini bisa meningkatkan hubungan Anda dengan pasangan menjadi lebih kuat dan bermakna.

Jika Anda tidak bisa menyelesaikan perdebatan dengan efektif maka bisa saja menimbulkan masalah yang lebih besar lagi dalam hubungan Anda.

Intinya setiap pasangan harus menguasai seni menyelesaikan konflik dengan tetap memperhatikan beberapa kesalahan yang wajib dihindari.

Dilansir dari laman Marriage, Minggu (12/5), terdapat beberapa kesalahan yang harus Anda hindari saat menyelesaikan konflik dalam pernikahan diantaranya:

  1. Tetap marah

Kesalahan pertama yang harus Anda hindari saat menyelesaikan masalah adalah tetap marah. Jika Anda tetap marah terhadap hal-hal yang terus terjadi dalam hubungan berarti perlu ada cara yang lebih baik untuk menyelesaikan konflik.

Anda bisa membicarakan perasaan deeptalk Anda dengan pasangan Anda tanpa mendahulukan amarah. Ketika Anda berusaha mendengarkan sudut pandangan pasangan Anda mungkin bisa merubah suasana hati Anda.

 

  1. Berusaha untuk menang

Banyak pasangan ketika berdebat dalam menyelesaikan masalah selalu berusaha mencari kemenangan. Faktanya tidak ada kemenangan dalam suatu perdebatan.

Daripada saling mencari kemenangan, lebih baik melakukan apa pun yang Anda bisa untuk mengatasi konflik hubungan Anda.

  1. Menyalahkan pasangan Anda

Tip resolusi konflik besar lainnya yang harus Anda ikuti adalah berhenti menyalahkan pasangan. Ketika Anda menyalahkan pasangan dengan berbagai asumsi pribadi tanpa mempertimbangkan sudut pandang dari pasangan Anda, hal ini jelas akan memperburuk konflik.

  1. Tidak berkompromi

Dalam menyelesaikan konflik, Anda harus menghindari tidak berkompromi dalam memikirkan jalan keluar dari masalah hubungan Anda. Ketika tidak ada kompromi maka komunikasi menjadi tidak sehat.

Ketika komunikasi tidak terjalin dengan baik maka penyampaian pendapat juga akan terhambat. Sehingga solusi untuk menemukan titik terang dari masalah hubungan Anda menjadi sangat rumit.

 

  1. Tidak berbicara

Kesalahan satu ini biasa dikenal dengan istilah silent traitment artinya bersikap diam tidak mau berbicara ketika sedang kesal atau marah bahkan ada konflik yang sangat besar.

Ketika Anda tidak berbicara ketika ada masalah terlebih saat menyelesaikan konflik maka hal ini bisa memperburuk komunikasi. Ketika komunikasi tidak buruk maka tidak bisa mengungkapkan apa yang Anda pikirkan.

Hal ini membuat pasangan Anda juga tidak memahami apa yang Anda pikiran karena Anda tidak berbicara atau menutup askes komunikasi dengan pasangan Anda.

  1. Mencegah memendam perasaan

Selain berbicara yang berujung mempengaruhi komunikasi, memendam perasaan juga ikut andil dalam merusak komunikasi yang justru membuat masalah semakin melebar.

Selain itu, jika Anda memendam perasaan maka suatu saat rasa sakit atau kecewa akan Anda keluarkan disaat Anda emosi dengan waktu yang kurang. Sehingga justru memicu masalah yang lebih besar.

  1. Mengabaikan masalah

Dalam menyelesaikan masalah tentu Anda tidak boleh mengabaikan masalah. Sebab, saat Anda mengabaikan masalah maka Anda tidak menyelesaikan justru menambah beban masalah secara berkelanjutan di masa mendatang.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #wajib #dihindari #kesalahan #konyol #saat #menyelesaikan #konflik #dalam #pernikahan

KOMENTAR