Diajak Asri Damuna ke Hotel, Pendapatan Jiah Youtuber Korea Jauh Lebih Besar Ketimbang Gaji ASN Kemenhub
Youtuber asal Korea Selatan, Jiah. [Tangkapan Layar]
15:58
11 Mei 2024

Diajak Asri Damuna ke Hotel, Pendapatan Jiah Youtuber Korea Jauh Lebih Besar Ketimbang Gaji ASN Kemenhub

Youtuber asal Korea Selatan, Jiah, tengah disorot usai videonya di Manado viral. Dalam cuplikan yang beredar, ia diajak ke hotel oleh pria yang belakangan diketahui sebagai Asri Damuna pejabat Kemenhub.

Jiah pun menerima pesan dari warganet yang khawatir dengannya. Selain itu, tak sedikit yang penasaran akan penghasilannya sebagai Youtuber. Berapa kira-kira? Berikut informasi selengkapnya.

Penghasilan Jiah dari Youtube

Jiah membuka kanal Youtube-nya sejak 21 April 2021. Ia sudah mengunggah puluhan video dan kini memiliki lebih dari 108 ribu subscribers. Melansir laman Social Blade, ia diperkirakan berpenghasilan fantastis.

Dari pekerjaannya sebagai Youtuber, Jiah bisa menerima penghasilan sebesar 422 USD - 6,8 ribu USD per bulan. Ini sama dengan dirinya digaji sekitar Rp 6,7 juta sampai Rp 100,9 juta tiap bulannya.

Pendapatan itu pun jika dibandingkan dengan gaji Asri Damuna sebagai pejabatdi Kemenhub. Pasalnya, gaji sebagai ASN  golongan III berkisar Rp2.373.600 – Rp4.200.000. Selain itu, Asri Damuna sebagai pejabat Kemenhub juga mendapatkan sejumlah tunjangan. Salah satunya, tunjangan kinerja (tukin). Adapun tukin PNS Kemenhub kelas jabatan 3 atau yang diterima Asri Damuna, yakni sebesar Rp 2.898.000. Jadi, ia bisa mendapat total gaji dan tukin kurang dari Rp 10 juta untuk satu bulan.

Dalam kanal Youtube-nya itu, Jiah mengunggah video seperti pergi liburan atau mencicipi makanan. Ia juga cukup aktif pada akun Instagram @cookie.jiah yang memiliki lebih dari 14 ribu pengikut.

Terkait dirinya yang diajak pria botak ke hotel, Jiah pun buka suara. Dalam unggahan di Instagram, Jumat (10/5/2024), ia terekam mengucapkan terima kasih kepada warganet Indonesia.

Jiah memastikan dirinya saat ini dalam kondisi baik. Ia meminta publik agar tidak terlalu mengkhawatirkannya. Perempuan asal Korea Selatan itu juga menyatakan akan lebih berhati-hati dengan orang asing.

"Saya terkejut melihat video saya tiba-tiba viral di medsos lain, terima kasih semuanya yang telah peduli. Sekarang saya aman dan baik-baik saja, jadi tidak perlu khawatir! Saya akan lebih berhati-hati ya," tulis Jiah.

Jiah mengatakan dirinya sudah membaca komentar untuknya. Namun, ia meminta maaf karena tidak bisa membalas semuanya. Ia juga meminta publik tak mudah percaya dengan akun media sosial palsu yang mengatasnamakan dirinya.

Viral Youtuber Korea Diajak Pejabat Kemenhub ke Hotel

Belakangan viral video pria botak diduga Asri Damuna, mengajak Youtuber asal Korea, Jiah, ke hotel. Momen itu terjadi saat tengah makan di salah satu restoran.

Awalnya, sang Youtuber sedang membuat konten video mencicipi makanan di rumah makan Raja Oci di Manado. Dalam perbincangan itu, Asri Damuna mengaku tujuannya ke Manado adalah untuk bisnis.

Pria tersebut kemudian bertanya hotel Jiah menginap serta memberi tahu tempatnya singgah. Setelah itu, ia mengajak Jiah main ke hotelnya. Ajakan ini pun langsung ditolak oleh Jiah.

Jiah memberi alasan dirinya harus segera pergi ke Bunaken menggunakan perahu. Lebih lanjut, pria itu meminta kontak dan akun media sosial Jiah. Video percakapan mereka pun berujung viral di media sosial.

Usai diusut, pria yang mengaku sebagai Albert itu adalah Asri Damuna, pejabat Kemenhub. Pihak tempat kerjanya pun telah membenarkan bahwa pria dalam video tersebut adalah Asri Damuna.

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/www.cnnindonesia.com/hiburan/20240510155309-234-1096112/youtuber-jiah-buka-suara-usai-viral-diajak-om-om-indonesia-ke-hotel/amp

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #diajak #asri #damuna #hotel #pendapatan #jiah #youtuber #korea #jauh #lebih #besar #ketimbang #gaji #kemenhub

KOMENTAR