Peneliti Ungkap Kepribadian Seseorang Berdasarkan Foto Profil di Media Sosial, Simak!
Foto Profil Seseorang di Media Sosial Ungkap Keribadian Mereka (Freepik)
12:02
9 Mei 2024

Peneliti Ungkap Kepribadian Seseorang Berdasarkan Foto Profil di Media Sosial, Simak!

 

Media sosial tampaknya menyimpan berbagai kepribadian seseorang yang tersembunyi.

Biasanya saat berada di media sosial, seseorang memiliki kepribadian yang sama dengan dunia nyata atau bahkan memiliki kepribadian yang berbeda?

Namun, saat seseorang sudah menjajaki media sosial paling tidak Anda dapat mengetahui kepribadian teman online Anda dan mencocokan apakah dikehidupan nyata sama dan sejalan dengan apa yang mereka posting? Atau postingannya merupakan kebalikan dari kepribadiannya di dunia nyata?

Dilansir dari Social Media Psychology dikutip oleh JawaPos.com, Kamis (9/5), bahwa tim peneliti di University of Pennsylvania baru-baru ini menemukan ciri-ciri kepribadian tertentu dari gambar yang gunakan di profil mereka.

Para ilmuwan menganalisis 66.000 foto profil Twitter dan memperkirakan kepribadian pengguna berdasarkan konten tweet mereka. Sejumlah 434 orang mengisi kuesioner tambahan.

Semua pengguna dievaluasi berdasarkan ciri-ciri psikologis model dalam lima besar yakni neurotisme, keramahan, kesadaran, ekstraversi, dan keterbukaan terhadap pengalaman.

  1. Ektrovert

Orang ekstrovert lebih menyukai foto grup, yang memperlihatkan lebih dari satu wajah. Mereka memposting foto berwarna agar memancarkan emosi yang positif.

  1. Neurotik

Orang neurotik memiliki kecenderungan kuat untuk tidak menampilkan wajah dalam foto. Jika ada wajah, ia akan terlihat lebih besar atau tersembunyi dengan kacamata.

Neurotisisme berkorelasi dengan emosi negatif dan ketidakamanan emosional, yang mungkin menjelaskan mengapa pengguna neurotik juga menunjukkan emosi wajah yang kurang positif.

  1. High in Conscientiousness

Orang yang memiliki kesadaran tinggi merupakan ciri kepribadian yang suka keteraturan dan perilaku terencana, cenderung menyesuaikan diri dengan norma sosial terkait foto profilnya.

Foto profil mereka kerap tersenyum, mengikuti prinsip bahwa seseorang diharapkan tampil bahagia di foto. Foto-foto mereka proporsional dan umumnya memiliki kualitas yang baik.

  1. Agreeable people

Orang yang ramah mengupayakan keharmonisan dan kerja sama sosial, yang tercermin dalam foto profil mereka.

Mereka lebih sering menampilkan emosi positif dibandingkan lima tipe kepribadian lainnya. Dibandingkan dengan pengguna yang teliti, foto mereka seringkali lebih buram, namun memiliki warna yang lebih cerah.

  1. Keterbukaan

Pengguna dengan keterbukaan terhadap pengalaman yang tinggi cenderung tidak menunjukkan wajah lebih dari orang neurotik. Gambaran mereka juga menunjukkan emosi negatif atau netral. Namun perbedaannya terletak pada kualitas estetika foto, yang lebih tinggi.

Dalam hal keterbukaan (peningkatan kontras dan ketajaman, serta  lebih sedikit keburaman). Keterbukaan terhadap pengalaman merupakan sifat yang berkaitan dengan estetika, keterlibatan intelektual, dan ketidaksesuaian, yang dapat menjelaskan preferensi pengguna terhadap gambar yang menonjol.

Lalu bagimana seseorang yang foto profilnya menampilkan hewan peliharaan kucing atau anjing?

The World Well-Being Project mmelakukan penelitian, mereka memilih foto kucing dan anjing untuk profil Twitter seseorang. Dari kumpulan data 62.338 profil pengguna Twitter, hanya ditemukan 361 foto profil berisi kucing dan 742 gambar menampilkan anjing. Skor kepribadian Lima Besar peserta dihitung menggunakan model berbasis teks otomatis.

Hasilnya menunjukkan pengguna yang memasang gambar kucing dan anjing sebagai gambar profil berbeda secara signifikan dibandingkan populasi ciri kepribadian sebelumnya.

Mereka kurang ekstrovert, teliti dan menyenangkan, dan terutama lebih neurotik. Selain itu, foto profil dengan menampilkan kucing dan manusia secara signifikan lebih tertutup dan kurang ramah dibandingkan manusia dan anjing. Namun, foto profil pengguna bersama anjing mendapat skor lebih rendah dalam hal keterbukaan terhadap pengalaman.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #peneliti #ungkap #kepribadian #seseorang #berdasarkan #foto #profil #media #sosial #simak

KOMENTAR