Kenali 5 Tipe Kepribadian Seseorang Melalui Postingannya di Media Sosial, Cek Apakah Kamu Salah Satunya?
Lima Tipe Kepribadian Seseorang Melalui Postingannya di Sosial Media (Freepik)
09:20
9 Mei 2024

Kenali 5 Tipe Kepribadian Seseorang Melalui Postingannya di Media Sosial, Cek Apakah Kamu Salah Satunya?

- Dijaman sekarang, banyak yang menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi atau promosi.

Selain itu seseorang dapat dengan mudah membagikan aktivitas kesehariannya melalui media sosial. Dengan media sosial pula kita dapat mudah mengetahui kepribadian mereka.

Jika dilihat dari kontekstualnya, ternyata mengenali kepribadian seseorang dapat dilihat dari unggahan mereka di sosial media.

Seberapa intens kah mereka memposting foto tentang dirinya atau seberapa tidak sering mereka memposting tentang aktivitas atau pribadi mereka?

Berdasarkan laman Psychology Today dikutip oleh JawaPos.com, Kamis (9/5), lima teori sifat berikut ini dapat menjadi acuan Anda untuk mengenali kepribadian teman online Anda, cek apakah kamu salah satunya:

1. Extraversion

Ekstravert mudah diidentifikasi di media sosial. Hal ini tidak terlalu mengejutkan, karena dalam dunia nyata, ekstraversi cenderung menjadi sifat yang paling mudah ditebak saat pertama kali bertemu seseorang.

Orang ekstrovert cenderung memiliki lebih banyak teman, lebih banyak berinteraksi dengan orang lain, lebih sering “menyukai” konten, dan menggunakan lebih banyak kata-kata yang mencerminkan aktivitas sosial.

2. Conscientiousness

Orang-orang yang teliti pada dasarnya lebih berhati-hati. Mereka kurang berinteraksi dengan media sosial dibandingkan orang-orang yang kurang berhati-hati.

Dan ketika mereka berinteraksi di media sosial, mereka lebih cenderung membicarakan pekerjaan dan keluarga.

3. Agreeableness

Orang yang agreeable cenderung memposting lebih banyak foto. Mereka juga cenderung memilih bahasa yang lebih ceria, sedangkan mereka yang memiliki tingkat keramahan yang rendah cenderung menggunakan istilah-istilah yang negatif dan bermusuhan.

4. Keterbukaan

Bagi orang yang mempunyai tingkat keterbukaan yang tinggi, penggunaan media sosial mereka cenderung mencerminkan kepentingan mereka.

Mereka menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan media sosial sebagai cara untuk mencari informasi, membicarakan pekerjaan, atau bermain game.

5. Neurotisisme

Individu neurotik cenderung lebih aktif di media sosial, seperti halnya orang ekstrovert. Namun tidak seperti orang ekstrovert.

Mereka cenderung mengekspresikan lebih banyak emosi negatif dalam bahasa mereka, hal ini masuk akal mengingat kecenderungan mereka untuk mengalami lebih banyak emosi negatif.

Dan mereka cenderung mencoba menampilkan versi diri mereka yang lebih ideal.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #kenali #tipe #kepribadian #seseorang #melalui #postingannya #media #sosial #apakah #kamu #salah #satunya

KOMENTAR