Kisah Sukses Ko Ayunk, dari Kuli Panggul Hingga Menjadi Founder Brand Kecantikan Lokal
Riyanto Cheung atau Ko Ayunk. (dok. Bioaqua)
08:34
17 Januari 2024

Kisah Sukses Ko Ayunk, dari Kuli Panggul Hingga Menjadi Founder Brand Kecantikan Lokal

Industri kecantikan di Indonesia terus berkembang pesat, di mana brand lokal semakin unjuk gigi dan kehadirannya juga mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Mengutip data dari Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPA Kosmetika Indonesia), industri ini mencapai pertumbuhan sebesar 21,9 persen dari tahun 2022 hingga pertengahan 2023, dengan jumlah perusahaan yang mencapai 1.010.

Segmen pasar terbesar dikuasai oleh perawatan diri dengan volume pasar mencapai USD3,18 miliar di tahun 2022, diikuti oleh skincare sebesar USD2,05 miliar, kosmetik sebesar USD1,61 miliar, dan wewangian sebesar USD39 juta.

Bioaqua adalah salah satu brand lokal yang memiliki pertumbuhan positif di Indonesia, dan menjadi pilihan untuk beragam skincare, personal care, dan decorative make up yang berkualitas namun memiliki harga terjangkau.

Di balik brand yang sudah eksis sejak 2020 lalu ini, ada nama Riyanto Cheung, yang akrab disapa Ko Ayunk atau Koko Bioaqua, yang merintis dari bawah.

Kesuksesannya menggawangi brand ini hingga menjadi salah satu lifestyle beauty brand lokal yang dikenal oleh banyak orang, membuat nama Ko Ayunk tak asing di dunia industri kosmetika Indonesia.

Perjalanan sukses Ko Ayunk sebagai CEO & Founder Bioaqua tentu tidak terjadi begitu saja. Sebelum menjadi pemimpin sukses di industri kosmetika, Ko Ayunk menjalani pekerjaan sebagai kuli panggul, pramuwisma atau pelayan toko selama 12 tahun dari tahun 2000 sampai 2012 di toko grosiran kosmetik.

Memutuskan resign di awal tahun 2012, Ko Ayunk kemudian menjadi sales freelance selama 6 bulan. Selama periode tersebut, Ko Ayunk terus belajar untuk merintis bisnis kosmetiknya.

Dalam perjalanannya, ia memutuskan menjual rumahnya untuk membeli sebuah toko kosmetik yang menjadi awal bisnisnya sampai dengan sekarang.

Di tahun 2015, KO Ayunk sudah mulai membangun bisnis brand skincare nya. Untuk ekspansi bisnis perusahaan, ia memutuskan untuk bekerja sama dengan partner. Hingga lahirlah Bioaqua di tahun 2020 sebagai salah satu brand skincare yang laris di pasaran.

Perjalanan brand ini tidak terlepas dari tantangan, terutama saat pandemi Covid-19 melanda di tahun 2020. Sebagai langkah adaptasi, perusahaan pun mengimpor masker medis untuk menjaga perputaran bisnis. Strategi ini disertai dengan maklon pabrik di dalam negeri dan akuisisi pabrik di luar negeri, sehingga perusahaan dapat beroperasi lebih efektif dan efisien.

Setelah satu tahun mengakuisisi pabrik di luar negeri, di bulan September tahun 2021 sampai pada tahun 2023, brand ini pun berhasil mengembangkan bisnisnya. Beragam produk skincare mulai diluncurkan dan dijual di e-commerce.

Prinsip Kerja Dari Sosok Riyanto Cheung

Prinsip kerja Ko Ayunk adalah kejujuran, kerja keras, dukungan keluarga, dan doa. Ia memiliki keberanian untuk keluar dari zona nyamannya demi mencapai impian besar.

“Bagi saya, kegagalan bukanlah akhir perjalanan, tetapi justru merupakan bantuan untuk melompat menuju kesuksesan. Prinsip utama yang selalu saya pegang sampai dengan saat ini adalah jujur, kerja keras, peduli dengan keluarga, dan yang paling utama adalah berdoa,” kata Ko Ayunk dalam keterangannya.

Dengan perjalanan yang luar biasa ini, Ko Ayunk telah membuktikan bahwa dengan tekad, kerja keras, dan keberanian untuk menghadapi tantangan, seseorang dapat meraih kesuksesan di dunia bisnis skincare dan kosmetik.

Produk Bioaqua yang berada di bawah naungan PT Permata Indo Kav, saat ini sudah terdaftar di BPOM, GMPC, Halal, dan ISO. Brand ini pun telah memiliki pabrik sendiri dengan penelitian dan pengembangan produk dan produksi yang berstandar internasional.

Meski brand-nya sudah bisa dibilang sukses, Ko Ayunk dalam masih turut andil dalam mempererat hubungan dengan pelanggan setianya. Selain sebagai founder brand kosmetik, ia juga dikenal sebagai konten kreator dengan follower sekitar 22 ribuan di Instagram dan 4,3 juta di TikTok.

Bersama sang istri, Lina Martiningsih atau akrab dipanggil Ci Lina, Ko Ayunk kerap membagikan konten menarik di akun Instagram @riyantocheung dan TikTok @kokocicibioaqua. Tak hanya membagikan cerita soal kesehariannya, Ko Ayunk juga kerap membagikan quote motivasi, serta konten lucu bersama sang istri.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #kisah #sukses #ayunk #dari #kuli #panggul #hingga #menjadi #founder #brand #kecantikan #lokal

KOMENTAR