Latar Belakang Keluarga Mahalini, Adab saat Mepamit Dipuji Tetangga karena Tak Tutup Jalan
Potret keluarga Mahalini. [Instagram/axioo]
16:17
8 Mei 2024

Latar Belakang Keluarga Mahalini, Adab saat Mepamit Dipuji Tetangga karena Tak Tutup Jalan

Tetangga sekitar turut memperhatikan acara adat Mepamit yang digelar Mahalini dan Rizky Febian pada Minggu (5/5/2024). Adab keluarga Mahalini menggelar prosesi ini menuai pujian.

Sebab, acara tersebut tidak sampai menutup akses jalan dengan tenda-tenda kondangan. Area di depan rumahnya juga masih bisa dilalui kendaraan, seperti mobil dan motor.

Dengan begitu, arus lalu lintas pun tidak sampai dialihkan karena acara tersebut. Adab yang ditunjukkan keluarga Mahalini membuat latar belakang mereka disorot. Berikut rangkumannya.

Latar Belakang Keluarga Mahalini

Mahalini merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ia memiliki kakak bernama I Gede Dion Raharja dan Jody Raharja serta satu kakak perempuan. Saudara-saudaranya ini jarang tersorot.

Meski begitu, Dion cukup sering membagikan momen bersama dengan adik-adiknya. Saat mengetahui Mahalini menjalani hubungan dengan Rizky Febian, ia bahkan memberikan restu.

Sementara itu, ayah Mahalini bernama I Gede Suraharja yang dikenal sebagai pekerja keras. Sejumlah profesi sudah ia geluti, mulai dari pengusaha hingga mencoba berkarier di bidang politik.

Sebagai politisi, Gede Suraharja berhasil memperoleh suara yang membawanya duduk di kursi anggota DPRD Badung, Dapil Kuta Utara. Ia terpilih untuk periode 2014-2019.

Saat itu, sejumlah jabatan didudukinya, seperti Sekretaris Panitia Khusus (Pansus) Pendidikan Inklusif. Gede Suraharja juga menjadi Sekretaris Pansus Perumahan dan Permukiman.

Di sisi lain, Mahalini kehilangan sang ibunda, Ni Nyoman Seini karena Covid-19. Tepat pada Juli 2021 lalu, ia dan ibunya terkena dampak dari gelombang kedua virus Covid-19.

Adapun untuk menentukan kasta orang Bali bisa dilihat dari namanya. Mahalini sendiri memiliki nama lengkap Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja. Diketahui Nama 'Ni' diberikan untuk wanita Bali. 

Sedangkan nama 'Luh' adalah nama wanita yang biasa diberikan kepada mereka, kasta Sudra. Golongan ini dalam agama Hindu diketahui merupakan kasta buruh dan petani.

Meski begitu, pada era modern, tak semua kasta Sudra identik dengan rakyat jelata yang selama ini disalahpahami. Mahalini juga bisa tergolong kasta itu lantaran tak ada nama bangsawan di dalamnya.

Adapun gelar bangsawan di Bali terdiri dari Desak, Gusti, dan Anak Agung yang masuk ke dalam kasta Ksatria. Dikarenakan tak memiliki salah satunya, Mahalini dianggap tergolong kasta Sudra atau rakyat biasa.

Selain acara Mepamit, tertulis pada 8 Mei 2024 hari ini ada pengajian di kediaman Sule. Kemudian, dua hari setelahnya atau pada Jumat (10/5/2024) akan digelar akad nikah di Hotel Raffles Jakarta.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #latar #belakang #keluarga #mahalini #adab #saat #mepamit #dipuji #tetangga #karena #tutup #jalan

KOMENTAR