Selain Bikin Hamil Bebas Keluhan, Prenatal Yoga Juga Jauhkan Ibu dari Stres Untuk Mempersiapkan ASI yang Lancar
Ilustrasi ibu hamil sedang latihan fisik. (Shutterstock)
09:06
7 Mei 2024

Selain Bikin Hamil Bebas Keluhan, Prenatal Yoga Juga Jauhkan Ibu dari Stres Untuk Mempersiapkan ASI yang Lancar

Menurut data WHO (2016), cakupan ASI eksklusif di seluruh dunia hanya sekitar 36% selama periode 2007-2014. Pencapaian ASI eksklusif di Indonesia tahun 2016 sebesar 54%, namun kembali mengalami penurunan di 1-2 tahun 2017 hanya 35% (Kementerian Kesehatan RI, 2017). 

Dokter kandungan dr. Agus Heriyanto, SpOG. MARS. MM. CHt menjelaskan jika sampai saat ini, cakupan keberhasilan pemberian ASI esklusif pada bayi masih cukup rendah dan dipengaruhi banyak faktor, diantaranya rendahnya pengetahuan dan kurangnya informasi mengenai manfaat ASI bagi pertumbuhan dan perkembangan baby. 

"Untuk itu, persiapan menyusui harus dilakukan dari masa kehamilan. Maka, ada baiknya untuk mencari informasi jauh sebelum melahirkan agar saat lahiran sudah siap untuk menyusui," pungkas dokter agus, saat memulai materinya dalam acara Prenatal Yoga Mom Uung pada Minggu (5/5/2024) di Jakarta. 

Selain dari asupan, gaya hidup ibu hamil sebelum melahirkan hingga sesudah melahirkan juga bisa menentukan kesuksesan pemberian ASI. Ibu hamil, kata dr Agus juga bisa mengikuti senam prenatal yoga yang memiliki beragam manfaat.

Ilustrasi Prenatal Yoga untuk Ibu Hamil (Dok. Mom Uung)Ilustrasi Prenatal Yoga untuk Ibu Hamil (Dok. Mom Uung)

"Exercise itu dibutuhkan ibu hamil untuk mempersiapkan tubuhnya dan nafasnya untuk menyambut persalinan Nanti. Apalagi, keluhan ibu hamil banyak sekali mulai dari pinggang pegal. Maka prenatal yoga banyak manfaatnya, ibu hamil bisa berolahraga dengan aman, banyak penelitian yang membantu jalannya persalinan, bisa mengatasi back pain di punggung, keluhan-keluhan itu lebih ringan, dan otot dilatih maka kekuatan saat persalinan akan berguna," katanya.

Meminimalisir keluhan selama kehamilan dengan prenatal yoga ini tentu dapat menjadi upaya untuk ibu hamil mengurangi stres, yang pada gilirannya juga akan memengaruhi kuantitas dan kualitas ASI.

"Ibu stres dan nggak nyaman aja memengaruhi kualitas menyusuinya karena konsep hormonal di otak akan terganggu dengan adanya hormon tertentu yang dapat menghambat. Jadi dengan yoga bisa healing, seneng happy. Jadi produksi dan kualitasnya pasti akan disesuaikan," paparnya.

Hal inilah yang mendasari Mom Uung, brand ASI Booster alami untuk ibu mengadakan prenatal yoga di Pullman Central Park Jakarta, pada hari Minggu, 5 Mei 2024, untuk 300 ibu hamil secara gratis.

"Acara prenatal ini merupakan rangkaian dari bagaimana Mom Uung mengemas acara, supaya ibu hamil bisa aktif berolahraga, dan bisa berpengaruh pada tumbuh kembang janinnya, serta dapat memperlancar nutrisi ibu ke janin," kata Uung Victoria Finky atau founder Mom Uung.

Layanan dari Mom Uung ini merupakan upaya untuk mendukung visi untuk mensukseskan ibu menyusui supaya bisa mengASIhi hingga 2 tahun. 

Tentunya dalam acara ini, Mom Uung mempersiapkan matang kebutuhan untuk ibu hamil, mulai dari venue khusus agar ibu hamil bisa langsung konsultasi dengan konselor laktasi, juga medical patner yang siap siaga untuk keamanan bagi ibu hamil.

"1.000 hari kehidupan itu menentukan masa depan anak kita, makanya kita sampai adain prenatal yoga ini biar bumil semua makin yakin mengasihi," tutup Uung.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #selain #bikin #hamil #bebas #keluhan #prenatal #yoga #juga #jauhkan #dari #stres #untuk #mempersiapkan #yang #lancar

KOMENTAR