Asyik Ada Jakarta EduFest 2024, Banyak Kegiatan Untuk Pelajar Kembangkan Kreativitas Lho!
Pembukaan Jakarta EduFest 2024 di Jakarta Pada Sabtu (4/5/2024) (Dok. Istimewa)
20:25
4 Mei 2024

Asyik Ada Jakarta EduFest 2024, Banyak Kegiatan Untuk Pelajar Kembangkan Kreativitas Lho!

Hari pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap 2 Mei menjadi momentum semua pihak untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi Indonesia, termasuk tiga pilar utama, yakni pelajar, pendidik dan orangtua. 

Untuk menyatukan hal tersebut, Jakarta EduFest 2024 diselenggarakan pada tanggal 4-5 Mei 2024 di MGP Space, SCBD Park, Jakarta. Acara yang digelar oleh Penerbit Erlangga ini menjadi wadah bertemunya pelajar, orangtua, dan insan pendidikan dari berbagai bidang keahlian, mulai dari sains, teknologi, hingga lingkungan hidup. 

"Dalam acara ini, seluruh penggiat pendidikan dihadirkan untuk memotivasi para peserta didik di Indonesia dalam mengembangkan kemampuan, kreativitas dan inovasi diri," kata Assistant Managing Director of Product dalam pembukaan Jakarta EduFest 2024, Sabtu (4/5/2024).

Adapun ragam acara yang disuguhkan meliputi seminar, workshop, talkshow, peluncuruan produk, games, pameran buku, dan berbagai aktivitas terkait pendidikan untuk anak pendidikan usia dini hingga perguruan tinggi. Nah tertarik ke Jakarta EduFest 2024, berikut beberapa aktivitas yang bisa diikuti.

AKM Mastery Marathon

Jakarta Edufest 2024 dimulai dengan kegiatan “AKM Mastery Marathon” jenjang SMA atau simulasi menghadapi ujian AKM. Acara ini diikuti oleh pelajar SMA atau sederajat di Jakarta yang untuk membantu melatih para peserta didik sebelum menghadapi ujian AKM sebenarnya. 

Setiap peserta akan menjawab soal secara digital. Try out ini dilengkapi dengan live scoring sehingga memudahkan peserta memantau hasil simulasi ujian AKM.

Exploring Erklika

Kegiatan ini memuat talkshow dengan tema “Empower Our Mind: Unleashing Erklika for a New Generation of Learners” dengan narasumber Mochamad Iqbal Firdaus, S.T. (Koordinator Kelompok Kerja Transformasi Digital Direktorat SMA Kemendikbud), Peachy Liv (Influencer Bidang Pendidikan), serta dr. Nadhira Nuraini Afifah (Dokter dan Influencer) yang juga bertindak sebagai moderator. 

Acara ini juga disertai dengan peluncuran produk baru Erklika jenjang SMA yang menyajikan pembelajaran berbasis video dan audio sesuai dengan minat siswa saat ini.

Lomba Mewarnai

Lomba yang mengusung tema “Save Badak” ini khusus untuk peserta anak-anak jenjang PAUD dan Sekolah Dasar. Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow “Rumah yang Nyaman untuk Badak Jawa” sekaligus peluncuran buku cerita berjudul Baja si Badak Jawa yang diterbitkan Erlangga for Kids (Imprint Penerbit Erlangga).

Amazing Adventure with Phintar Books

Ini adalah kegiatan games seru yang diikuti oleh peserta Sekolah Dasar di Jabodetabek. Permainan edukatif ini mengusung konsep kompetisi estafet, yakni diawali dengan menjawab soal-soal Matematika, IPAS, Bahasa Indonesia, dan Seni Budaya. 

Peserta yang berhasil menjawab dengan benar akan diberikan potongan puzzle. Selain itu, terdapat acara cerdas cermat bertajuk “Generasi Juara”, dengan peserta Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Atas.

"Pada Jakarta Edufest 2024 juga ada pameran buku yang terdapat di area Mezzaninne MGP Space. Di area mezzanine juga terdapat mini workshop dari Kok Bisa, Historia, dan Penerbit Patjar Merah. Serta pameran beasiswa dari Kedutaan Jepang, Korea dan Prancis," tutup dia.

Acara ini tidak dipungut biaya sama sekali lhoo!

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #asyik #jakarta #edufest #2024 #banyak #kegiatan #untuk #pelajar #kembangkan #kreativitas

KOMENTAR