Jejak Kontroversi Wasit VAR Sivakorn Pu-Udom, Tak Cuma Shen Yinhao yang Dituduh Rugikan Indonesia
Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-udom. (Dok. Tuoitre.vn)
12:39
30 April 2024

Jejak Kontroversi Wasit VAR Sivakorn Pu-Udom, Tak Cuma Shen Yinhao yang Dituduh Rugikan Indonesia

Laga Indonesia melawan Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23 pada Senin (29/4/2024) membuat geram banyak orang. Salah satu yang menjadi sasaran kemarahan warganet adalah kinerja wasit yang dianggap berat sebelah.

Tak heran jika sosok wasit Shen Yinhao kini ramai diburu warganet. Namun bukan cuma Shen Yinhao, publik belakangan juga ikut menyoroti sosok wasit VAR yang bertugas, yakni Sivakorn Pu-Udom.

Yang menjadi sorotan tentu saja karena ini bukan kali pertama Sivakorn Pu-Udom dianggap merugikan Indonesia. Seperti apa jejak-jejak kontroversial wasit asal Thailand itu di pertandingan Indonesia?

Jejak Kontroversi Sivakorn Pu-Udom

Wasit VAR Sivakorn Pu-Udom. (Instagram/@sivakorn_puudom)Wasit VAR Sivakorn Pu-Udom. (Instagram/@sivakorn_puudom)

Selain didapuk menjadi wasit VAR di laga Indonesia vs Uzbekistan, Sivakorn Pu-Udom juga pernah menjadi wasit VAR di pertandingan pembuka Piala Asia U-23 Indonesia vs Qatar.

Dalam kesempatan itu, Sivakorn Pu-Udom dianggap tidak melakukan banyak intervensi terhadap keputusan kontroversial wasit Nasrullo Kabirov yang merugikan Indonesia, seperti tendangan penalti setelah Rizky Ridho dianggap melanggar lawan.

Lalu Sivakorn Pu-Udom juga disorot karena tidak melihat ulang pelanggaran pada Witan Sulaeman, padahal beberapa pihak menilai lawan yang melakukan pelanggaran berpotensi terkena kartu merah.

Laga Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan di Piala Asia U-23 (pssi.org)Laga Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan di Piala Asia U-23 (pssi.org)

Kini sejumlah keputusan Sivakorn Pu-Udom di pertandingan semifinal Piala Asia U-23 juga menuai perhatian. Misalnya saja ketika wasit Shen Yinhao yang sudah memberikan kesempatan tendangan bebas atau free kick setelah Witan Sulaeman dilanggar bek Abdukodir Khusanov dari Uzbekistan, tetapi diskusi dengan Sivakorn Pu-Udom selaku wasit VAR mengubah keputusan tersebut.

Lalu keputusan Shen Yinhao dan Sivakorn Pu-Udom terkait pelanggaran berat yang diduga dilakukan Rizky Ridho kepada Jasurbek Jaloliddinov. Rizky Ridho dianggap menendang pemain Uzbekistan tersebut dan berujung membuatnya mendapatkan kartu merah.

Serta tentu saja keputusan kontroversial terakhirnya adalah terkait anulir gol yang dicetak oleh Muhammad Ferarri. Gol di menit ke-61 ini bermula dari umpan silang Pratama Arhan yang coba ditangkap oleh kiper Abduvakhid Nematov, tetapi bola tersebut gagal diamankan dan berujung ditendang tanpa ampun oleh Ferarri.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #jejak #kontroversi #wasit #sivakorn #udom #cuma #shen #yinhao #yang #dituduh #rugikan #indonesia

KOMENTAR