Gak Kalah Berjasa, Ini Sosok Tak Terduga yang Pertama Rekomendasikan Shin Tae-yong ke PSSI
Pelatih Timnas Indonesia U-23 dan senior, Shin Tae-yong (pssi.org)
14:32
24 April 2024

Gak Kalah Berjasa, Ini Sosok Tak Terduga yang Pertama Rekomendasikan Shin Tae-yong ke PSSI

Timnas Sepak Bola Indonesia meraih banyak prestasi di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong. Salah satu yang terbaru adalah berhasil masuk babak perempat final Piala Asia U23 dan akan melawan Korea Selatan.

Namun bukan cuma Shin Tae-yong, Darius Sinathrya juga mengungkit sosok penting lain yang berjasa pertama kali merekomendasikan pelatih asal Korea Selatan itu kepada PSSI.

Masih inget siapa yang pertama kali kontrak STY? Siapa yang kasih rekomendasi ke federasi, sekaligus jalin komunikasi awal dan meyakinkan STY untuk bikin paparan program buat TimNas?” cuit Darius di akun X-nya, dikutip pada Rabu (24/4/2024).

Unggahan ini seketika diramaikan dengan banyak komentar warganet. Nama Wakil Ketua Umum II PSSI Ratu Tisha Destria lah yang paling banyak disebutkan di kolom komentar, sebab memang begitu besar perannya dalam membujuk Shin Tae-yong hingga mau melatih sepak bola Indonesia.

Perjuangan ini terjadi ketika Ratu Tisha masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PSSI periode 2017-2020. Shin Tae-yong yang pernah menjadi pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 menarik perhatiannya, sehingga Ratu Tisha berusaha untuk terus mendatangkannya ke Indonesia.

Berbagai cara dilakukannya agar bisa berkomunikasi langsung dengan Shin Tae-yong sampai akhirnya keinginannya terwujud. Alhasil Shin Tae-yong direkrut untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia pada tahun 2020 dan baru-baru ini dikabarkan diperpanjang kontraknya sampai 2027.

Sosok Tak Terduga yang Disebut Merekomendasikan Shin Tae-yong

Media Vietnam tidak terima ketika Shin Tae-yong dianggap lebih sukses dibandingkan Park Hang-seo dalam Piala Asia U-23 (pssi.org)Shin Tae-yong. (pssi.org)

Namun menariknya, bukan cuma nama Ratu Tisha yang meramaikan kolom komentar cuitan Darius. Sosok pengamat sepak bola kontroversial Tommy Welly alias Bung Towel disebut ikut berperan besar mendatangkan Shin Tae-yong ke Indonesia.

Bung Towel sih, Ratu Tisha hanya perpanjangan dari bung towel,” komentar warganet yang dibalas dengan emoji tertawa oleh Darius.

Tak lain dan tak bukan adalah bung Towel. Ratu Tisha hanyalah perpanjangan tangan dari bung Towel. Sekali lagi, terima kasih bung Towel,” celetuk warganet lain.

One and only Bung Towel gak sih,” timpal yang lainnya.

Tampaknya jawaban-jawaban tersebut hanya sarkasme, sebab Bung Towel selama ini begitu sering mengkritik kinerja Shin Tae-yong. Tak heran jika Bung Towel juga ikut dibanjiri komentar miring seiring dengan menanjaknya prestasi Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #kalah #berjasa #sosok #terduga #yang #pertama #rekomendasikan #shin #yong #pssi

KOMENTAR