7 Tanda Kamu Tumbuh dengan Orang Tua yang Mendominasi Menurut Psikologi, Salah Satunya Terlalu Mandiri
Ilustrasi wanita yang sedang mengalami kesulitan mengambil keputusan yang merupakan salah satu tanda dia dibesarkan bersama orang tua yang dominan (freepik/Kamran Aydinov)
08:12
22 April 2024

7 Tanda Kamu Tumbuh dengan Orang Tua yang Mendominasi Menurut Psikologi, Salah Satunya Terlalu Mandiri

Setiap orang tua dalam membesarkan anaknya tentu menggunakan pola asuh yang berbeda-beda namun memiliki tujuan yang sama yaitu mendidik anak agar baik dan bijak.

Namun tidak sedikit orang tua yang lupa dengan arti keseimbangan antara tujuan dengan pola asuh yang diterapkan. Bahkan terkadang otoritas bisa mengalahkan pengasuhan yang bisa menimbulkan dampak jangka panjang pada kepribadian dan perilaku anak.

Anak-anak yang diasuh dengan parenting orang tua yang mendominasi biasanya diatur oleh peraturan ketat dan ekspektasi tinggi bahkan pengaruhnya terbawa hingga mereka dewasa.

Dilansir dari laman The Vessel, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda tumbuh dari orang tua yang mendominasi diantaranya :

1. Kebutuhan yang konstan akan persetujuan

Apabila Anda merasa selalu mencari validasi orang lain maka bisa menjadi pertanda orang tuamu mendominasi masa kecilmu.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang tua yang otoriter mengharuskan anak untuk patuh dan jika tidak mereka akan dihukum yang bisa berdampak negatif pada harga diri dan prestasi akademis mereka.

2. Kesesuaian

Tanda kedua ini masih ada kaitannya dengan sebelumnya. Ketika anak-anak dibesarkan di rumah yang sangat mementingkan penyesuaian diri dan mengikuti arus untuk menghindari masalah.

Biasanya hal ini dapat terlihat dalam pekerjaan, hubungan dan persahabatan mereka dimana mereka merasa sulit untuk membuat keputusan sendiri atau mengungkapkan pendapat.

3. Sulit mengambil keputusan

Jika Anda kesulitan dalam mengambil keputusan maka hal ini mungkin terjadi karena orang tua Anda mendominasi pilihan Anda selama masa-masa pertumbuhan Anda.

Hal ini biasanya orang tua cenderung menghukum atau meremehkan Anda saat berbuat salah, bukan mendorong Anda untuk melihat hal itu untuk dijadikan kesempatan belajar.

4. Terlalu mandiri

Tanda lainnya yang menunjukkan bahwa Anda dibesarkan dari orang tua yang mendominasi adalah terlalu mandiri.

Pasalnya saat orang tua melakukan kontrol atas setiap aspek kehidupan seorang anak maka anak tersebut mungkin mengembangkan keinginan yang kuat untuk mandiri.

Ironisnya, dorongan untuk mandiri bisa berubah menjadi rasa takut untuk bergantung pada orang lain sehingga sulit untuk meminta bantuan sehingga kurang aktif dalam kegiatan sosial.

5. Perfeksionisme

Ada sebuah fakta menarik bahwa anak-anak yang mengalami kontrol dan kritik tingkat tinggi sering kali mengembankan kecenderungan perfeksionis.

Mereka sangat menetapkan standar tinggi yang tidak dapat dicapai bagi diri mereka sendiri dan bergumul dengan perasaan tidak mampu ketika mereka akhirnya gagal.

6. Kesulitan membentuk hubungan yang mendalam

Dampak buruk lain yang ditimbulkan dari tumbuh bersama orang tua yang mendominasi adalah sulitnya membentuk hubungan yang mendalam dan bermakna.

Hal ini dipicu dari orang tua yang mengajari untuk menjaga otonomi Anda dengan ketat dan membiarkan seseorang masuk rasanya seperti menyerahkan sebagian kemerdekaan yang diperoleh dengan susah payah.

7. Takut dengan konflik

Anak-anak yang tumbuh di bawah kendali orang tua sering kali belajar menghindari konflik dengan cara apa pun.

Artinya mereka menjadi mahir dalam menenangkan atau sekedar berdiam diri untuk menghindari badai yang dapat ditimbulkan dari konflik.

Hal ini disebabkan karena orang tua mengajari mereka tentang mekanisme pertahanan sehingga sulit untuk membela diri atau mengungkapkan kebutuhan Anda.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #tanda #kamu #tumbuh #dengan #orang #yang #mendominasi #menurut #psikologi #salah #satunya #terlalu #mandiri

KOMENTAR